Penting! 8 Persiapan Puasa Ramadhan saat Pandemi Covid-19

LIFESTYLE
  • 205
  • Jumat 09 April 2021 16:21
Puasa Ramadhan 2021 diperkirakan akan jatuh pada pertengahan April 2021. Meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, tentu Ramadhan kali ini suasananya akan jauh berbeda dengan tahun lalu, di mana seluruh aktivitas kini bisa dilakukan di luar rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (5M).
 

Persiapan Jelang Puasa Ramadhan saat Covid-19

 
Sudah menjadi hal yang lumrah bahkan menjadi tradisi ketika menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia khususnya di Indonesia melakukan beberapa persiapan. Persiapan ini dbutuhkan karena dalam satu bulan kedepan, tentu akan ada beberapa perubahaan terkait makan dan juga istirahat. Mulai dari sahur yang dilakukan pada 1/3 malam atau 3.00 dini hari dan buka puasa sesuai dengan waktu adzan Maghrib yang berbeda di setiap daerah.  Ditambah Ramadhan 2021, Indonesia masih dilanda Pandemi Covid-19  sehingga butuh persiapan ekstra sebelum puasa.
 
Berikut 8 persiapan puasa Ramadhan saat Pandemi Covid-19 yang telah MNCPlay.id rangkum khusus untuk kamu. Simak penjelasannya berikut ini!
 

1. Buat List Menu Makanan selama Puasa

 
Persiapan puasa pertama yang harus dilakukan adalah membuat list dan daftar menu makanan yang akan dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Dengan list ini, akan memudahkanmu dalam menyiapkan menu sahur dan buka selama 30 hari ke depan.
 
Menu Makanan saat Puasa
Source : OkeZone
 
Selain itu, dengan melakukan persiapan ini akan membantu untuk membeli sekaligus menyiapkan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan. Alangkah baiknya untuk berdiskusi dengan keluarga atau menanyakan apa yang mereka inginkan selama bulan puasa.
 

2. Siapkan Anggaran untuk Pengeluaran selama Puasa

Siapkan Anggaran untuk Pengeluaran selama Puasa
Source : Sindonews
 
Persiapan puasa kedua, adalah menyiapkan anggaran atau keuangan untuk pengeluaran selama bulan Ramadhan. Anggaran ini bisa dibuat berdasarkan list menu makanan yang akan dimasak. Selain masukkan pengeluaran untuk membeli stock makanan lain, seperti snack, sirup, kue-kue, dan lainnya.  Jangan lupa untuk sisihkan aggaran untuk perayaan Idul Fitri mendatang.
 

3. Menjaga Kebersihan Makanan

Menjaga Kebersihan Bahan Makanan
Source : Lifestyle OkeZone
 
Persiapan puasa selanjutnya adalah menjaga kebersihan makanan, apalagi masih dalam masa Pandemi Covid-19. Meskipun sudah ada program vaksin oleh Pemerintah, namun sebaiknya memasak makanan di rumah akan lebih aman, sehat dan terjaga kebersihannya. Jika terpaksa harus mengikuti buka bersama dan makan di luar, lakukan tindakan preventif dengan menerapkan protokol kesehatan dan bawa peralatan makan sendiri.
 

4. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Pola Makan dan Minum yang sehat selama Puasa
Adi Nugroho minum air putih saat buka dan sahut. (Source: OkeZone)
 
Bukan hanya saat puasa Ramadhan saja, menjaga dan memperhatikan pola makan dan minum khususnya saat masa Pandemi Covid-19  sangat penting. Pastikan makan makanan dan minuman yang bergizi. Perbanyak minum air putih di waktu sahur, berbuka dan ketika ingin tidur. Dengan demikian, imun tubuh akan tetap terjaga.
 

5. Membersihkan Peralatan Beribadah

Membersihkan Peralatan Ibadah
Source : Lifestyle - OkeZone
 
Puasa Ramadhan 2021 nanti, peraturan untuk beribadah di rumah yang ada di  dalam aturan PSBB sudah tidak diberlakukan sehingga umat muslim bisa kembali melaksanakan ibadah Tawarih berjamaah di masjid atau musholla. Namun dalam pelaksanaannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan, salah satunya membawa peralatan ibadah masing-masing.  Oleh karena itu, sebelum melakukan ibadah di masjid pastikan membersihkan semua peralatan ibadah dengan mencuci hingga bersih. 
 

6. Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki Pola Tidur
Source : RCTIPlus
 
Seperti disingung di awal paragraf, jika ketika masuk bulan Ramadhan, tentu pola tidur akan berubah di mana harus bangun lebih pagi untuk sahur. Bagi kamu yang sering begadang dan tidur menjelang pagi, maka untuk satu bulan ke depan harus rubah waktu tidur kamu. Jika tetap seperti itu polanya, maka siang hari kamu akan merasa lemas, pusing hingga mengantuk selama puasa.
 

7. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Source: OkeZone
 
Menjelang puasa, persiapan yang harus dilakukan adalah rutin berolahraga. Dengan tetap berolahraga, ini membantu kamu dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh jadi semakin baik sehingga bisa terhindari dari berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona. Rutinnya kegiatan ini sehingga menjadi aktivitas wajib, meskipun dalam kondisi puasa dengan mengganti waktu olahraga. Jika sudah terbiasa, tubuh akan menjadi lebih fit, dan tidak akan sakit-sakit seperti pertama kali melakukan olahraga.
 

8. Siapkan Hiburan untuk Puasa di Rumah

 
Untuk menambahkan keceriaan dan keseruan menjalani puasa Ramadhan di rumah, bisa menonton ragam hiburan seperti film, acara Ramadhan, dan lain-lain bersama keluarga.  Salah satu layanan yang bisa menjadi alternatif untuk hiburan selama bulan puasa adalah dengan berlangganan MNC Vision.
 
CTA New Sales MNC Vision
 
MNC Vision, Pay TV Keluarga Indonesia menyediakan beragam hiburan terlengkap dari channel TV Nasional hingga channel premium dengan fitur seperti Catch up TV. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang ketinggalan tayangan selama 7 hari ke belakang. Selain itu, ada fitur Selfcare yang merupakan fitur one stop solution di mana kamu bisa menambah paket, info tagihan, bayar tagihan. Fitur Selfcare ini ada di dalam aplikasi Vision+, rasakan kemudahan dan keseruan Pay TV kini ada hanya dalam genggaman.
 
Itulah beberapa persiapan puasa Ramadhan saat era New Normal di masa Pandemi Covid-19. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi keluarga Vision yang menjalankannya.