12 Pilihan Menu Takjil Terlengkap untuk Berbuka Puasa

LIFESTYLE
  • 4561
  • Selasa 20 April 2021 22:03
12 Pilihan Menu Takjil Terlengkap untuk Berbuka Puasa
Pelaksanaan puasa Ramadhan 2021 kali ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Namun kondisi saat sudah tidak terlalu ketat seperti tahun 2020 lalu, dimana kini Pemerintah seiring program vaksinasi Nasional sudah memperbolehkan ibadah secara berjamaah di masjid dan bukber dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (5M).
 
Salah satu momen yang ditunggu-tunggu ketika bulan Puasa Ramadhan adalah momen buka puasa. Untuk menunggu waktu berbuka, ada tradisi di Indonesia yakni Ngabuburit di mana masyarakat keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan sore sekaligus membeli takjil untuk buka puasa.
 
Takjil ini biasanya makanan atau minuman yang cenderung manis dan tidak terlalu mengenyangkan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Ada beberapa menu takjil yang dapat dijumpai, bahkan menjadi menu dagangan penjual takjil dadakan. Apa sajakah makanan dan minuman takjil yang ada di Indonesia. Yuk, kita simak bersama-sama.

6 Makanan untuk Menu Takjil Buka Puasa

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa makanan yang biasa dan banyak dijadikan sebagai makanan untuk buka puasa.  Berikut tim MNC Vision memberikan rekomendasinya sebagai berikut

1. Buah Kurma

Makanan pokok dari benua Timur Tengah bisa jadi pilihan untuk dijadikan takjil. Rasanya yang manis, sangat cocok untuk sekedar membatalkan puasa. Sunnah nya ketika berbuka adalah konsumsi kurma dengan jumlah ganjil, minimal 1-3 buah.
 
Kurma
Gambar: Dok. Freepik (@8photo)
 
Kurma bisa juga dijadikan minuman yang segar dan menyehatkan loh! Yaitu air nabez yang merupakan minuman dari campuran air putih dan buah kurma yang direndam semalaman.  Selain kurma, untuk minuman ini bisa juga menggunakan kismis.  

2. Kolak Pisang 

Kolak Pisang
Gambar: Dok. Freepik (@odua)
 
Kolak pisang banyak dijadikan salah satu menu takjil untuk buka puasa. Cita rasa yang manis dan segar karena ada kuah santan, ini menjadi cocok untuk melepas dahaga saat buka puasa. Kolak pisang ini bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti ubi ungu, labu kuning, mutiara, singkong.

3. Asian

Asinan Buah
Asinan Buah. Gambar: Dok. asianfoodnetwork.com
 
Asinan, salah satu kuliner yang dibuat dengan bahan utama yaitu sayuran – buah-buahan dengan kuah asam yang pastinya menyegarkan tenggorokan. Asinan juga banyak dijual di pedagang yang berjualan saat puasa. 

4. Gorengan dan Lontong

Sudah menjadi menu wajib ketika bulan puasa Ramadhan datang, gorengan seperti tahu isi, bakwan, pastel dan jajanan lainnya menjadi favorit yang dipilih masyarakat. Selain murah, konsumsi ini tidak terlalu mengenyangkan dan dapat ditemukan.
 
Tidak lengkap jika gorengan dengan lontong atau biasa buras dengan isi sayuran/oncom. Ditambah sambal kacang, akan membuat pencampuran ketiganya menjadi lengkap. Perpaduan antara gorengan, lontong yang disiram sambal kacang cukup mengenyangkan untuk menu berbuka puasa. 

5. Biji Salak 

Kolak Biji Salak
Gambar: Dok. asianfoodnetwork.com
 
Kolak biji salak jadi salah satu menu takjil buka puasa yang kerap dicari. Bahkan kamu bisa loh membuatnya sendiri di rumah, sehingga jadi lebih higienis. Untuk membuatnya, jangan khawatir sudah banyak resep membuat kolak biji salak yang bisa ditemukan, salah satunya di situs asianfoodnetwork.com dan nonton channel AFN di MNC Vision.

6. Sate

Sate Ayam
Gambar: Dok. Freepik (@suryaanugrah)
 
Ketika memasuki hari-hari atau 10 hari puasa terakhir tentu sudah bosan dengan takjil di atas dan ingin berbuka dengan makanan yang berbeda. Alternatifnya bisa berbuka puasa dengan sate ayam. Makanan asli Indonesia yang termasuk dalam 50 makanan terenak di dunia versi CNN Travel ini bisa jadi solusi di tengah kebingungan. 1 porsi sate dirasa cukup mengenyangkan dan pengganti makan malam.

6 Minuman untuk Menu Takjil Buka Puasa 

Kurang lengkap rasanya jika menu takjil buka puasa tidak dilengkapi dengan minuman-minuman yang manis dan juga menyegarkan tenggorokan. Pilihan minuman tentu sangat banyak, tapi MNC Vision merekomendasikan 6 minuman ini; 
 

1. Es Buah

Es Buah
Gambar: Dok. OkeZone
 
Sebagian orang, es buah memang selalu menjadi favorit sebagai menu takjil untuk buka puasa. Selain menyegarkan, rasanya yang manis ini akan memberi tubuh tambahan energi. Selain itu, cara pembuatannya pun sangatlah praktis karena bahan-bahannya mudah didapatkan dan tidak perlu dimasak. 
 

2. Es Campur

Es Campur Kacang Merah
Gambar: Dok. iNews
 
Puasa tentu menimbulkan rasa haus dan tentu butuh minuman yang menyegarkan tenggorokan. Selain es buah, kamu bisa berbuka dengan es campur! Bisanya es campur ini toppingnya beragam, buah-buahan, kolang kaling, timun suri dan bahan lain yang kamu suka. Tambahan susu dan sirup membuat es campur semakin segar.

3. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda
Gambar: Dok. iNews
 
Mau yang segar dan juga sehat? Buka puasa bisa minum es kelapa ijo. Segelas es kelapa ijo biasanya menjadi pilihan menu takjil yang simple. Untuk menambahkan kelezatan, bisa ditambahkan gula dan topping lainnya. 

4. Es Timun Suri

Es Timun Suri
Gambar: Dok. OkeZone
 
Timun suri juga biasa ditemukan ketika bulan puasa. Biasanya timun suri menjadi topping untuk es buah atau disajikan bersama dengan sirup. Agar tambah menggugah selera, banyak kreasi es timun suri yang bisa dibuat makin bervariasi.
 

5. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya
Gambar: Dok. OkeZone
 
Seharian berpuasa, tentu rasa lapar dan haus menghantui. Nah, paling nikmat jika berbuka dengan yang manis dan segar. Salah satunya es lidah buaya. Ditambah dengan sirup atau susu akan menambahkan kesegaran ketika menikmati es lidah buaya ini.
 

6. Es Kopyor

Es Kelapa Kopyor
Gambar: Dok. OkeZone
 
Minuman pelepas haus setelah selepas puasa seharian, salah satunya adalah es kelapa kopyor. Ditambahkan dengan selasih, atau nata de coco, akan menjadi perpaduan yang menyegarkan.
 
Itulah 12 makanan dan minuman yang bisa dijadikan dalam menu takjil buka puasa selama bulan Ramadhan. Saat ini puasa ramadhan kali ini masih di situasi Pandemi Covid-19 harus harus tetap menjaga protokol kesehatan (5M) termasuk untuk diharapkan untuk memasak untuk takjil di rumah.
 
Untuk memudahkan untuk mendapatkan resep-resep makanan dan minuman sebagai menu takjil buka puasa bisa dari Channel afn (Channel No. 240) dengan terlebih dulu berlangganan MNC Vision, Pay TV Keluarga Indonesia. Tidak usah khawatir ketinggalan tayangan, install saja aplikasi Vision+ dan connect ID Pelanggan kamu dalam fitur Selfcare.
 
CTA Vision Entertaiment
 
Januari 2021 lalu, MNC Vision Networks resmi meluncurkan fitur Selfcare yang memberikan kemudahan dan benefit untuk pelanggan Pay TV dalam genggaman! Fitur ini, setiap pelanggan bisa mendapatkan info dan solusi lebih cepat mulai dari layanan pelanggan online, upgrade paket, info tagihan dan pembayaran bisa dilakukan dalam aplikasi hingga Reward Program khusus untuk Platinum Club dengan pelanggan di atas 6 bulan.