5 FAKTA UNIK SIRKUIT MANDALIKA, YANG AKAN MENJADI AJANG PERTANDINGAN WSBK

SPORTS
  • 302
  • Jumat 23 September 2022 15:16

Sirkuit Mandalika sebentar lagi akan menggelar WSBK Championship tepatnya tanggal 11-13 November 2022. Ini menjadi balapan ke dua yang digelar di sirkuit Lombok, NTB. Tentunya sirkuit ini mempunyai fakta – fakta menarik. Yuk kita lihat apa saja fakta unik dari sirkuit tersebut.

1. Pembangunan Sirkuit Menggunakan Produk Indonesia

Panjang sirkuit mandalika sepanjang 4,31 KM, dengan service road pada bagian kanan dan kiri trek. Ternyata pembangunan ini menggunakan produk Indonesia.

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Gran Prix Association (MGPA), Happy Harinto, menyatakan bahwa pembangunan fasilitas Pit Building di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika terbuat dari material yang diproduksi secara lokal.

2. Sirkuit Berdesain Adat Indonesia

Dengan menjunjung tinggi adat kebudayaan setempat. Indonesia mengaplikasikan motif batik tenun sasak di sepanjang sirkuitnya.

Dengan corak merah-putih, area run-off atau aspal luar di tikungan ke-15 dan 16 Sirkuit Mandalika dibuat menggunakan corak Subahnale. Corak tersebut sangat familiar dengan kaum muslim memang dapat diartikan sebagai kalimat tasbih (pembersihan) dalam bahasa Sasak.

Baca Juga : Fakta Unik Pertandingan Motogp Aragon 2022

3. Pit Building Sirkuit Mandalika Mendapatkan Rekor MURI

Pembangunan Sirkuit ini memang terbilang cukup cepat Rekor MURI memberikan pengghargaan kepada PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. Karena telah menyelesaikan pembangunan Pit Building hanya dengan 21 hari.

Pit building sepanjang 350 meter ini memiliki kapasitas 50 garasi dan terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar akan difungsikan sebagai garasi untuk para pebalap dan teknisi tim. Setiap garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan 13.700 meter persegi.

4. Sirkuit yang Dibangun Tempat Destinasi Super Prioritas

Sirkuit ini dibangun ditempat Destinasi Super Prioritas yaitu Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Tempat surganya bagi para penggemar pantai salah satunya ada dimandalika.

Ada beberapa pantai yang wajib dikunjungi seperti pantai Tanjung Aan, pantai Kuta, dan Pantai Seger. Di track ini pun menyuguhkan pesona laut yang indah diseberang dari sirkuit tersebut.

5. Kapasitas Penonton Cukup Besar

Sirkuit Mandalika telah siap menyambut penonton dengan kapasitas mencapai ratusan ribu orang. Untuk Grand Seating Street Circuit Mandalika bisa menampung lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara untuk tribun berdiri (non-seated area) diperkirakan mampu menampung 138.000 orang. Selain itu ada juga Hospitality Suites yang nantinya bisa diakses para penonton MotoGP dengan kapasitas 7.700 penonton.

Dengan demikian fakta – fakta unik yang mungkin belum kalian ketahui mengenai Sirkuit Mandalika. Dan pastinya sebentar lagi akan ada WSBK Mandalika yang ke dua ditahun ini.

Saksikan keseruan rangkaian balapan WSBK lainnya dengan mengaktifkan paket SPOTV mulai dari Rp 39.000/30 hari!

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silahkan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-Channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya

Berlangganan Sekarang!

📱WhatsApp Interaktif 24 Jam: wa.me/62895321500686

📞 (021) 21 500 900

🌐 bit.ly/langgananMNCVISION

MNC Vision Pay TV Andalan Keluarga Indonesia!