SailGP Kapal Kecepatan Tinggi yang didorong Oleh Angin

SPORTS
  • 1810
  • Kamis 12 Januari 2023 17:27
SailGP Kapal Kecepatan Tinggi yang didorong Oleh Angin

Dalam dunia olahraga ada juga olahraga yang di lakukan di air seperti yang akan kita bahas ini yaitu SailGP.

Olahraga memang kurang populer di asia tenggara ini, tetapi olahraga ini cukup menarik untuk disimak.

SailGP balapan yang dapat dikatakan seperti formula 1 tetapi di air. Tingkat kecepatan dari kapal ini sangat tinggi.

Berbeda dari balapan kapal lainnya yang pelan dan cukup membosankan. Kompetisi ini memberikan suasana yang berbeda, dengan racikan ekstrem dan kecepatan tinggi membuat olahraga ini si gandrungi pemuda.

Sejarah

Kompetisi ini didirikan oleh Larry Ellison , pendiri Oracle dan juara yachtsman Russell Coutts . Tujuan mereka adalah untuk membangun seri balapan global yang layak secara komersial dengan audiens yang besar.

Tetapi pernah gagal dicoba di masa lalu dengan seri seperti Extreme Sailing Series . Format SailGP merubah itu semua dan menjadi balapan yang cukup populer.

Teknis

Kapal F50 yang digunakan dalam kompetisi adalah kapal satu desain yang dirawat dan dioperasikan oleh SailGP. Informasi teknis juga dibagikan antar tim, yang mencakup sejumlah besar data yang dikumpulkan menggunakan sistem Oracle.

Ini dimaksudkan untuk mencegah tim yang menggunakan senjata rahasia yang diyakini penyelenggara agar tidak terjadi seperti Piala Amerika, dan untuk memastikan bahwa hasil perlombaan ditentukan oleh keterampilan dan kemampuan, dan bukan teknologi.

Setiap acara SailGP terdiri dari dua hari balapan kompetitif. Balapan hari pertama terdiri dari tiga balapan armada, sedangkan hari kedua terdiri dari dua balapan armada dan pertandingan final balapan.

Dalam kejuaraan SailGP 2019, dua tim dengan peringkat tertinggi di papan peringkat acara lolos ke final balapan pertandingan di acara tersebut; dalam kejuaraan SailGP 2021-22, tiga tim dengan peringkat tertinggi di papan peringkat acara lolos ke final perlombaan pertandingan.

Balapan terakhir musim kemarin 2022 adalah balapan pertandingan antara dua kru dengan skor tertinggi sepanjang musim, dengan pemenang mendapatkan hadiah US$1 juta. Akhirnya musim 2022 dimenangkan oleh tim SailGP Australia dalam balapan terakhir di Teluk San Francisco.

Pertandingan Terdekat SailGP akan di laksanakan Januari ini dengan tanggal 14-15

Nah, mau nonton pertandingannya? Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Spotv Rp 39.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang!

WhatsApp Interaktif 24 Jam: wa.me/6289532150068

(021) 21 500 900

bit.ly/langgananMNCVISION

MNC Vision Pay TV Keluarga Indonesia!