Rifda Irfanalauthfi Atlet Senam Indonesia dan Jadwal Gymnastic World Cup

SPORTS
  • 1943
  • Kamis 16 Pebruari 2023 17:00
Rifda Irfanalauthfi Atlet Senam Indonesia dan Jadwal Gymnastic World Cup

Keluarga Vision siapa yang belum kenal dengan Rifda Irfanalauthfi?. Bagi yang belum kenal ia adalah Pesenam atau Gymnastic asal Indonesia yang pernah menjuarai medali perak di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Sebenarnya apa itu Gymnastics?, olahraga gymnastic atau gimnastik adalah senam yang melibatkan berbagai gerakan dasar pada olahraga, seperti berguling, melompat, mengayunkan tubuh, dan membalikkan badan.

Cabang olahraga ini merupakan kombinasi latihan kelenturan, kekuatan otot, serta latihan keseimbangan. Selain itu, olahraga ini juga membutuhkan kelincahan, kecepatan, serta koordinasi tubuh.

Gerakan pada cabor ini melatih beberapa bagian otot pada tubuh, seperti lengan, betis, bahu, dada, dan perut.

Apa saja jenis-jenis olahraga gymnastic?

Federasi Senam Internasional membagi olahraga gymnastic ke dalam beberapa jenis, berikut ini penjelasannya.

1. Parkour

2. Gymnastic aerobik

3. Gimnastik ritmik

4. Gimnastik cabang putra

  • Floor: tidak menggunakan alat bantu apa pun.
  • Pommel horse: pegangan yang tertanam pada bantalan persegi panjang.
  • Ring: cincin besar yang bergelantung.
  • Vault: bantalan dengan ketinggian khusus yang harus dilompati.
  • Parallel bars: dua tongkat beserta penyangga yang dipasang dengan ketinggian tertentu.
  • Horizontal bar: satu tongkat mendatar yang tinggi beserta kedua penyangga di samping.

5. Olahraga gymnastic cabang putri

  • Uneven bars
  • Beam

6. Olahraga trampolin

7. Gymnastic akrobatik

 

Gymnastics World Championships adalah kejuaraan dunia yang diadakan oleh Federasi Senam Internasional (FIG). Kejuaraan ini terbagi dalam enam cabang olahraga senam akrobatik, senam aerobik, senam artistik, parkour, senam ritmik, serta trampolin dan jatuh.

Federasi Senam Internasional adalah badan pengatur Senam di seluruh dunia. Ini adalah federasi internasional tertua dari olahraga Olimpiade dan telah berpartisipasi dalam Pertandingan Olimpiade sejak kebangkitan mereka pada tahun 1896.

Sebentar lagi akan ada kejuaraan dunia Senam diselenggarakan oleh Azerbaijan Gymnastics Federation (AGF) yang meluncurkan musim kompetisi nasional dan internasional di awal Februari ini. Kompetisi pertama yang diselenggarakan oleh Federasi ini adalah FIG Trampoline Gymnastics World Cup, yang akan diadakan di tempat kompetisi tradisional – “Milli Gimnastika Arenasi” (Arena Senam Nasional) pada tanggal 18 & 19 Februari.

63 pesenam dari 16 negara diharapkan ikut serta dalam kompetisi di program Individu & kelompok, termasuk Azerbaijan. Perlu disebutkan bahwa Senam Trampolin sedang dikembangkan di Azerbaijan sejak 2013 dan Piala Dunia dalam cabang senam ini akan diselenggarakan di negara Azerbaijan untuk keenam kalinya

Kamu juga bisa menontonnya kompetisi ini di SPOTV 2 HD pada tanggal 19 Februari 2023 pukul 17.05 WIB.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket SPOTV mulai dari Rp 39.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900