Daftar Stadion Negara Uzbekistan yang digunakan Untuk Piala AFC U-20

SPORTS
  • 3458
  • Rabu 22 Pebruari 2023 18:15
Daftar Stadion Negara Uzbekistan yang digunakan Untuk Piala AFC U-20

Uzbekistan akan menjadi tuan rumah AFC U-20 2023, sebuah turnamen sepak bola internasional yang diadakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Persiapan turnamen ini sedang dalam tahap penuh, termasuk persiapan stadion-stadion yang akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan-pertandingan yang akan datang.

Ada 4 Stadion yang akan disediakan oleh Uzbekistan untuk bertanding sepak bola diantaranya,  Bunyodkor Stadium, JAR Stadium, Tashkent Lokomotiv Stadium, Fergana Istiqlol Stadium. Keempat stadium mempunyai kapasitas dan sejarahnya masing – masing.

Yuk simak penjelasan stadion sepak bola tersebut dibawah ini!

  1. Milly Stadium

Milly Stadium dulu disebut Bunyodkor Stadium pada tahun 2012-2018. Stadion ini terletak di Distrik Chilanzar kota Tashkent, di Bunyodkor Avenue. Ini adalah stadion termegah dan terbesar yang akan di guanakan untuk ajang Piala Asia U-20 2023. Ini menampung 34.000 penonton, memiliki dua tingkatan lantai dan lebih dari 50 sektor. Ada penginapan VIP (sekitar 50 tempat/kabin) dan CIP (700 tempat).

Stadion ini juga ramah untuk pengguna kursi roda karena disediakan untuk para penggunanya. Stadion ini memiliki restoran dan bar kafe, tempat makan cepat saji, toilet, klub kebugaran, dan fasilitas serta poin lainnya.

Ada dua monitor besar, sistem pencahayaan modern — 3000 lux, sistem audio modern, empat ruang ganti untuk pemain sepak bola dan anggota tim, ruang konferensi, serta ruang dan ruangan tambahan lainnya. Di bawah stadion terdapat tempat parkir untuk 350 mobil.

Uniknya Stadion ini mempunyai tempat Museum di dalamnya yaitu sejarah sepak bola Uzbekistan, yang mencakup piala klub sepak bola Bunyodkor, serta benda, foto, dan pameran lainnya tentang sepak bola Uzbekistan.

Bidang stadion sesuai dengan standar dunia modern. Ukuran lapangan adalah 105 kali 68 meter. Ada drainase dan pemanas lapangan.

Kompleks Stadion Bunyodkor menempati lahan seluas 37 hektar, dan selain stadion utama, ia memiliki tujuh lapangan lagi yang modern. Kompleks ini juga menampung sekolah sepak bola remaja, kolam renang dan fasilitas olahraga lainnya, serta fasilitas infrastruktur lainnya. Di malam hari, Stadion ini memiliki pencahayaan warna warni di bagian luar dan cahaya yang seperti melekat ke tiang – tiang stadion.

  1. JAR Stadium

JAR Stadium ini juga terletak di kota yang sama dengan Milly stadium yaitu di kota Tashkent. Stadion ini hanya menampung 8.500 Penonton.

Stadion JAR dibuka pada tahun 1998. Direnovasi pada tahun 2005. Pada tahun 2012, selama renovasi Stadion Pakhtakor, Stadion ini memberikan kesempatan Pakhtakor FC memainkan pertandingan kandang mereka untuk musim tersebut. Selain itu, tim nasional, olimpiade, pemuda dan putri Uzbekistan mengadakan beberapa pertandingan di stadion ini.

Stadion JAR juga menjadi salah satu basis timnas Uzbekistan dan stadion latihan utama untuk persiapan pertandingan. Untuk menuju ke stadion ini dapat menggunakan dua transportasi umum yaitu Chorsu Metro Station dan JAR halte bis.

  1. Lokomotiv Stadium

Stadion Lokomotiv, adalah stadion multi guna di Tashkent, Uzbekistan. Saat ini digunakan sebagian besar untuk pertandingan sepak bola dan merupakan stadion rumah Lokomotiv Tashkent.

Pekerjaan konstruksi dimulai pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2012. Stadion ini adalah yang terkecil yang akan digunakan dalam Piala Asia u-20 Nanti. Stadion ini menampung 8.000 orang. Stadion dibuka pada 11 Mei 2012 dengan pertandingan Liga Uzbekistan 2012 antara Lokomotiv dan FK Andijan. Desain stadion yang modern dengan atap terbuka membuat penonton merasa lebih nyaman saat menonton pertandingan di stadion ini.

  1. Fergana Istiqlol Stadium

Terakhir ada stadion Fergana stadion multi guna di Fergana, Uzbekistan. Stadion ini dibuka pertama kali tahun 2015. Stadion ini menampung 20.000 orang. Saat ini digunakan sebagian besar untuk pertandingan sepak bola dan berfungsi sebagai rumah bagi Neftchi Farg'ona.

Ada salah satu hal yang menarik dari stadion- stadion di Uzbekistan yaitu catatan sejarah Presiden Pertama Indonesia, Bapak Soekarno pernah menyampaikan pidato di hadapan masyarakat Uzbek di Stadion Pakhtakor pada kunjungan resminya di Uzbekistan pada tahun 1956. Walaupun Stadion Pakhtakor tidak digunakan untuk AFC u-20 2023 tetapi indonesia pernah mencatakan sejarah di negara Uzbekistan.

Itulah Stadion yang akan di pertandingkan saat Piala Asia AFC u-20 2023. Yuk nonton pertandingan Piala Asia U-20 2023 dengan berlangganan! Segera aktifkan Paket Sports Mania Rp 69.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900