Kun Bokator dan Kun Khmer Seni Bela Diri Olahraga SEA Games 2023 Terbaru

SPORTS
  • 2604
  • Selasa 09 Mei 2023 10:54
Kun Bokator dan Kun Khmer Seni Bela Diri Olahraga SEA Games 2023 Terbaru

Halo keluarga Vision yang sedang menyaksikan SEA Games 2023, ternyata kali ini ada cabang olahraga baru yaitu Kun Bokator dan Kun Khmer. Olahraga tersebut ternyata berasal dari tuan rumah SEA Games 2023 yaitu Kamboja.

Masih bingung apa itu Kun bokator dan Kun Khmer? Simak dibawah ini penjelasannya!

Dilansir dari Sindonews, Kun Bokator adalah cabang olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Kamboja. Olahraga ini merupakan kombinasi antara seni bela diri dan kebudayaan tradisional Khmer, dan telah dilakukan sejak zaman Kekaisaran Khmer. Kun Bokator melibatkan berbagai teknik pertarungan, termasuk pukulan, tendangan, kuncian, lemparan, dan pertarungan tanpa senjata. 

Kun Bokator

Dalam pertandingan Kun Bokator, peserta akan bersaing dalam berbagai kategori, seperti Men's Single Bare Hands Form, Men's Single Bamboo Shield Form, dan Men’s Spirit Form. Peserta akan dinilai berdasarkan teknik, kelincahan, kekuatan, dan keterampilan yang ditunjukkan dalam pertandingan. 

Kun Bokator bukan hanya olahraga bela diri, tetapi juga memiliki nilai-nilai kebudayaan tradisional yang sangat penting bagi masyarakat Khmer. Seni bela diri ini merupakan bagian dari warisan budaya Kamboja dan menjadi bagian dari upaya pelestarian warisan tersebut. Oleh karena itu, Kun Bokator telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari pemerintah Kamboja serta dianggap sebagai salah satu simbol kebanggaan bangsa.

Sementara itu Kun Khmer dikenal pula dengan nama Pradal Serey. Dalam bahasa Khmer, pradal berarti berkelahi atau tinju dan serey berarti bebas. Jadi, Pradal Serey dapat diterjemahkan sebagai pertarungan bebas atau tinju bebas.

kun khmer

Kun Khmer merupakan seni bela diri tradisional Kamboja yang berasal dari Kerajaan Khmer kuno. Cikal bakal seni bela diri berasal dari disiplin bela diri yang bernama Yutakhun Khom pada zaman Kekaisaran Angkor.

Seiring perkembangan zaman, Yutakhun Khom bertransformasi menjadi beladiri Kun Khmer yang menjadi salah satu prestasi bagi negara Kamboja. Seni bela diri ini hampir sama dengan Muay Thai. Teknik pukulan, tendangan, posisi siku, lutut, dan kuncian memiliki kesamaan dengan seni bela diri asal Thailand itu.

Faktanya dilansir dari Kemenpora Kun bokator menjadi cabang olahraga pertama yang menyumbangkan medali buat Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Atlet tersebut adalah Alfadila Ramadhan yang berhasil meraih medali perak dengan catatan 7,67 poin di nomor Men Single Bokator Sprint Form. 

Tim Indonesia juga meraih medali perunggu dari nomor women's single bamboo shield form atas nama Delsya Anggraini dengan raihan 8,42 poin. Satu perunggu lain datang dari Gema Nur Arifin di nomor  men's single bamboo shield form usai meraih 7,66 poin.

Daripada penasaran seperti apa olahraga tersebut, Jangan lewatkan seluruh pertandingannya di SEA Games 2023, di MNC Vision secara Eksklusif seluruh cabang olahraga akan ditayangkan di saluran MNC Sports, MNC Sports 2, MNC Sports 3 & Soccer Channel.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Sports Mania Rp 69.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900