Cabor Unik Sea Games 2023 Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

SPORTS
  • 1291
  • Rabu 17 Mei 2023 10:56
Cabor Unik Sea Games 2023 Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

SEA Games 2023 telah usai. Terdapat beberapa cabang olahraga yang mungkin tidak begitu dikenal secara luas, tetapi menjanjikan pengalaman yang luar biasa bagi para atlet dan penonton. 

Di SEA Games Kamboja kali ini, kita akan disuguhkan dengan keunikan dan keragaman olahraga seperti Arnis, Teqball, Petanque, Chinlone, dan Vovinam. Setiap cabang olahraga ini memiliki daya tariknya sendiri, menggabungkan unsur budaya, keterampilan, dan keahlian yang memukau.

Dari pada penasaran Yuk simak daftarnya di bawah ini!

  1. Arnis

Arnis

Arnis adalah sebuah seni bela diri asal Filipina yang melibatkan penggunaan senjata seperti tongkat, pedang, dan pisau. Olahraga arnis juga sering disebut sebagai kali atau eskrima.

Dalam olahraga arnis, atlet biasanya menggunakan sepasang tongkat atau pisau, dan seringkali juga menggunakan tangan kosong sebagai senjata. Atlet harus belajar teknik-teknik serangan dan pertahanan dengan senjata dan tangan kosong, serta mengembangkan kecepatan, kekuatan, koordinasi, dan refleks yang baik.

  1. Teqball

Teqball

Olahraga ini menjadi cabang eksibisi dimana olahraga ini hanya untuk dipertandingkan untuk uji coba dan untuk promosi. Di Indonesia sendiri teqball adalah olahraga yang masih terbilang asing.

Teqball adalah sebuah permainan olahraga yang diciptakan pada tahun 2014 oleh sekelompok atlet dan spesialis olahraga dari Hungaria. Permainan ini menggunakan meja setengah lingkaran yang memiliki permukaan yang melengkung, mirip dengan meja tenis, dan dimainkan oleh dua atau empat pemain.

Tujuan dari permainan teqball adalah memantulkan bola dengan berbagai bagian tubuh, terutama kepala, kaki, dada, dan bahu, ke sisi lawan tanpa membiarkan bola jatuh ke dalam wilayah permainan sendiri. Permainan ini menggabungkan elemen dari sepak bola, tenis, dan bola voli, dan menuntut keterampilan teknis, keseimbangan, dan koordinasi yang tinggi.

Indonesia di cabang olahraga ini mendapatkan 2 Perak nomor tunggal putra dan putri. 

  1. Petanque

Petanque

Dilihat dari namanya saja olahraga ini berasal dari Prancis. Petanque adalah sebuah olahraga yang dimainkan dengan melemparkan bola berat (biasanya terbuat dari logam) ke arah target, yang disebut cochonnet atau jack.

Petanque biasanya dimainkan di area terbuka, seperti taman atau pantai, dan dapat dimainkan dalam bentuk tunggal atau tim. Pemain bertanding untuk mendapatkan skor dengan melemparkan bola mereka serapat mungkin ke cochonnet, atau dengan menghalangi bola lawan agar tidak mendekati cochonnet.

  1. Chinlone

Chinlone

Chinlone adalah sebuah olahraga tradisional yang berasal dari Myanmar (dulu dikenal sebagai Burma). Chinlone dimainkan dengan bola kecil yang terbuat dari anyaman rotan atau bulu ayam, dengan menggunakan teknik akrobatik yang menuntut kecepatan, keseimbangan, dan koordinasi yang baik antara para pemain.

Dalam chinlone, para pemain berdiri dalam lingkaran dan bertukar-tukar permainan tanpa memukul bola ke sisi lain lapangan seperti pada olahraga sepak bola atau bulu tangkis. Sebaliknya, para pemain saling bermain bola dengan teknik yang berbeda-beda, seperti melompat, berguling, atau melakukan gerakan akrobatik lainnya.

  1. Vovinam

Vovinam

Vovinam adalah sebuah seni bela diri asal Vietnam yang dikembangkan oleh Grandmaster Nguyen Loc pada tahun 1936. Vovinam menggabungkan beberapa teknik dari seni bela diri tradisional Vietnam, seperti Taekwondo, Aikido, Judo, Karate, dan Kungfu.

Olahraga Vovinam meliputi berbagai macam gerakan, seperti serangan, tangkisan, tendangan, lemparan, kuncian, dan bela diri tanpa senjata. Selain itu, Vovinam juga mengajarkan latihan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Vovinam dapat dilakukan oleh orang dari segala usia dan tingkat kebugaran, dan juga dapat digunakan untuk pertahanan diri. Olahraga Vovinam biasanya dilakukan dalam kelompok dengan pelatih yang memimpin latihan.

Di cabang ini Indonesia mendulang kesuksesan dengan peraihan 3 emas, 1 perak dan 14 perunggu.

Cabang olahraga seperti Arnis, Teqball, Petanque, Chinlone, dan sejumlah lainnya berhasil menunjukkan keragaman dan kekayaan budaya di kawasan Asia Tenggara. Atlet-atlet terbaik dari berbagai negara telah memberikan penampilan yang luar biasa, menunjukkan keahlian, semangat, dan dedikasi mereka. 

Dalam perpaduan antara tradisi dan inovasi, SEA Games 2023 memberikan kita peluang untuk merayakan keunikan olahraga dan mendorong semangat persatuan di antara bangsa-bangsa.

Walaupun SEA Games sudah berakhir kamu masih bisa menonton tayangan kejuaraan yang akan datang seperti AFF 2024, AFC 2024, dan kejuaraan sepak bola dunia EURO 2024.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Sports Mania Rp 69.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900