Serba Serbi MotoE: Balapan Motor Listrik Dunia

SPORTS
  • 1391
  • Kamis 17 Agustus 2023 17:03
Serba Serbi MotoE: Balapan Motor Listrik Dunia

Sejak tahun 2019 silam, Dorna Sports meluncurkan FIM Enel MotoE World Cup yang merupakan seri balap motor MotoGP khusus untuk kendaraan bertenaga listrik. Dorna Sports menganggap bahwa emisi dari kendaraan berbahan bakar bensin akan menjadi masalah yang serius dalam beberapa tahun ke depan. Maka dari itu, dibuatlah seri balap motor yang ramah lingkungan dengan emisi nol. Walaupun menggunakan tenaga listrik, motor yang digunakan telah teruji dapat menyaingi motor-motor balap bertenaga bensin lainnya.

moto e world cup

Selama empat musim ke depan, Ducati menjadi satu-satunya pemasok resmi motor listrik untuk FIM Enel MotoE World Cup. Para teknisi ahli telah merancang mesin prototipe dengan keahlian yang sama tingginya dengan motor-motor standar MotoGp. Motor-motor tersebut telah lulus uji coba pada tanggal 6-8 Maret lalu di Cirquito de Jerez atau Sirkuit Jerez yang terletak di Spanyol. Kemudian diikuti oleh pengujian lanjutan yang berlangsung selama 3 hari pada 3-5 April 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya yang terletak di Barcelona.

Salah satu pesifikasi motor listrik yang akan digunakan untuk kompetisi MotoE musim ini adalah bobotnya yang mencapai 225kg dengan listrik 800 Volt yang menggunakan inverter. Para ahli mengkonfirmasi bahwa motor-motor listrik tersebut dapat diisi dayanya hingga 80% dalam waktu 45 menit. Selain itu, motor listrik buatan Ducati ini juga telah dirakit untuk mencapai kecepatan maksimum sebesar 270km/jam. Walaupun menggunakan listrik, seri balapan ini juga tidak kalah serunya dari seri MotoGP dan Moto2.

Setelah melakukan debut pertamanya untuk musim ini di Perancis pada Mei lalu, kini Keluarga Vision dapat menyaksikan rangkaian serinya sepanjang tahun 2023 di SPOTV HD yang tersedia di layanan MNC Vision. Pertandingan yang akan datang, yaitu Austrian GP Race 1&2 akan dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus pukul 21.55 WIB untuk babak kualifikasi dan Sabtu, 19 Agustus 17.05 WIB dan 21.00 WIB untuk babak pertandingan. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan Catalunyan Race yang diadakan pada 1 hingga 3 September 2023 mendatang.

balapan motor listrik

Para pembalap motor seri MotoE juga sangat antusias menyambut Austrian GP Race bulan ini. Klasemen sementara dengan poin yang telah didapat sejak bulan Mei lalu menempatkan Jordi Torres pada posisi pertama, dilanjutkan dengan Matteo Ferrari dan Mattia Cassadei yang menempati posisi kedua dan ketiga. Pembalap-pembalap hebat lainnya juga akan bertanding pada seri ini seperti Dominique Aegerter, Randy Krummenacher, dan Eric Granado. Siapa pembalap favorit Keluarga Vision yang akan bertanding di Austrian GP Race ini? Catat jadwalnya dan jangan sampai ketinggalan seluruh rangkaian dari FIM Enel MotoE World Cup 2023!

Nonton semua tayangan unggulannya di MNC Vision TV berbayar murah.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket SPOTV Rp 39.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 0899-1500-686