Fakta Unik Sejarah Piala EURO

SPORTS
  • 6822
  • Rabu 27 Maret 2024 16:45
Fakta Unik Sejarah Piala EURO

Dalam sorotan gemerlap stadion, di antara sorakan riuh penonton, dan di bawah tekanan kompetisi yang membara, Piala Eropa telah menjadi panggung bagi beberapa momen paling legendaris dalam sejarah sepak bola. Tetapi di balik kilau kejayaan tersebut, tersembunyi fakta-fakta menarik yang membentuk narasi yang kaya dan berwarna dari turnamen yang bergengsi ini.

Dari kisah-kisah heroik hingga kejutan-kejutan mengejutkan, mari kita gali lebih dalam ke dalam sejarah Piala Eropa, mengungkap lapisan-lapisan yang memikat dari kompetisi yang telah menarik perhatian jutaan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

1. Sejarah Piala EURO

Ide  turnamen sepak bola Eropa pertama kali dikemukakan pada tahun 1927 oleh Henri Delaunay, Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Prancis saat itu.Namun gagasan tersebut kemudian dibayangi oleh supremasi Piala Dunia di Uruguay pada tahun 1930.

Meski demikian, bukan berarti gagasan menjadi tuan rumah Piala Eropa terkubur begitu saja. Ide ini ditinjau kembali  setelah Perancis, Italia, dan Belgia mulai membentuk Asosiasi Sepak Bola  Eropa, yang sekarang dikenal sebagai UEFA, dan Delaunay diangkat sebagai sekretaris jenderal. Sayangnya, Delaunay meninggal setahun setelah pengangkatannya.

Pada tahun 1957, UEFA memutuskan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola untuk negara-negara  Eropa untuk menghormati kontribusi Henri Delaunay dalam pembentukan UEFA dan gagasan turnamen tersebut. Kompetisi pertama secara resmi disebut "Piala Nasional Eropa".

2. Trofi Piala Eropa

Trofi Piala Eropa pun diabadikan dengan nama Trofi Piala Eropa. Trofi Piala Eropa disebut Trofi Henri Delaunay. Ia merupakan sekretaris jenderal UEFA yang mencetuskan ide diadakannya turnamen Piala Eropa.

Setiap tim pemenang berhak mempertahankan Trofi Henri Delaunay selama empat tahun hingga  Piala Eropa  berikutnya. Pada tahun 2008, Trofi Henri Delaunay diubah. Trofi  baru ini lebih tinggi dan  berat, dengan berat 8 kilogram dan tinggi 60 sentimeter.

Perubahan lain pada trofi baru ini adalah nama negara pemenang kompetisi ini dipindahkan ke bagian bawah piala.

3. Turnamen Perdana dengan 4 Tim

Pada Piala Eropa edisi pertama, Piala Eropa 1960, hanya empat tim yang ambil bagian. Namun  babak kualifikasi akan digelar dengan format knockout.

Jumlah peserta yang memenuhi syarat terus bertambah, dan akhirnya  sistem grup diadopsi untuk kualifikasi Piala Champions Eropa dari tahun 1968 hingga 1976. Dengan hanya tersisa empat tim, babak final pun sebenarnya sudah digelar.

4. Final Piala Eropa 1968 diulang

Laga final antara Italia dan Yugoslavia kembali menjadi laga alot. Setelah perpanjangan waktu 90 menit dan 30 menit, skor masih imbang 1-1. Akankah ada pelemparan koin lagi? Tidak, karena diatur bahwa jika  final berakhir imbang setelah perpanjangan waktu, maka akan diadakan pertandingan ulang, disebut juga pertandingan ulang.

5. Sistem Menang Koin Tos

Laga antara Timnas Italia dan Uni Soviet di babak semifinal Piala Eropa 1986 menjadi  peristiwa unik. Gli Azzurri menang melawan Uni Soviet dalam undian koin. Dalam pertandingan yang dimainkan dalam cuaca buruk, tidak ada tim yang bisa mencetak gol dalam waktu 120 menit.

Saat itu belum ada adu penalti, sehingga nasib kedua tim ditentukan melalui lempar koin. Pemain yang memenangkan lempar koin  adalah Facchetti. Begitu dia memilih gambar, akhirnya gamabr itu muncul di tangan wasit.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Euro Rp 99.000 dan menghadirkan seluruh pertandingan. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Dimana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686.