Dampak Buruk Membebaskan Tontonan Anak Tanpa Pengawasan Orang Tua

ENTERTAINMENT
  • 1410
  • Jumat 17 Pebruari 2023 17:28
Dampak Buruk Membebaskan Tontonan Anak Tanpa Pengawasan Orang Tua

Keluarga Vision yang sudah mempunyai anak lebih baik sekarang menjaga tontonan anak. Membebaskan anak-anak untuk menonton tayangan yang tidak sesuai dengan usia mereka dapat memiliki dampak buruk pada perkembangan mereka. 

Meskipun membebaskan anak-anak untuk menonton tontonan yang dianggap tidak pantas bagi usia mereka terkadang dianggap hal yang wajar atau sepele, namun sebenarnya hal ini dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi akibat membebaskan anak-anak menonton tontonan yang tidak sesuai dengan usia mereka:

a. Pendidikan yang tidak tepat

Tontonan yang tidak sesuai dengan usia anak, seperti tayangan dengan konten kekerasan atau seksualitas, dapat mempengaruhi pemahaman mereka tentang apa yang benar dan salah. Anak-anak sangat memerlukan pengajaran yang benar-benar tepat mengenai moral dan nilai-nilai dasar, sehingga tontonan yang tidak pantas dapat mengganggu pembentukan karakter dan pemahaman anak.

b.Kecemasan dan ketakutan

Tayangan yang tidak sesuai dengan usia anak-anak dapat menimbulkan rasa takut dan kecemasan yang tidak sehat. Anak-anak pada masih belum dapat membedakan antara realitas dan khayalan, sehingga tayangan dengan konten kekerasan atau horor dapat menimbulkan ketakutan yang tidak sehat.

c.Perilaku yang buruk

Tontonan yang tidak sesuai dengan usia anak dapat mempengaruhi perilaku mereka. Anak-anak masih sangat mudah terpengaruh, sehingga tontonan yang tidak pantas dapat mempengaruhi perilaku mereka menjadi lebih agresif, kasar, atau sulit diatur.

Oleh karena itu, orang tua harus memilih tontonan yang sesuai dengan usia anak-anak. MNC Vision sudah menghadirkan Saluran yang sangat baik dalam pertumbuhan anak dan mengedukasi anak yaitu saluran Kids TV.

Program – Program yang dihadirkan dalam Kids TV sebagai berikut:

1. Cat and Keet 

Cat dan Keet memulai perjalanan yang penuh dengan petualangan histeris. Karakter penuh warna seperti Sethji, Katreena, kucing tetangga, dan geng jalanan 'Mean Cats' yang tampil dan berjanji akan membuat orang tertawa terbahak-bahak.

2. Adit Dan Sopo Jarwo

Kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta si mungil Adelya yang kehidupannya diwarnai petualangan tak terduga. Adit berperan sebagai penggerak, motivator, juga inspirator bagi para sahabatnya untuk melewati hari–hari dalam menggapai mimpi pada masa mendatang

Namun, perjalanan tak semulus jalan tol. Mereka harus berhadapan dengan duo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha, Sopo & Jarwo. Perbedaan paham atau cara pandang merupakan bumbu utama yang memicu “perseteruan” abadi antara Adit Cs dan Sopo & Jarwo.

Tapi perseteruan keduanya bukanlah secara fisik maupun secara emosional. Beruntung di antara mereka ada Haji Udin, ketua RW yang telah menjabat selama belasan tahun. Sosok bijaksana yang menjadi penengah antara Sopo Jarwo dan Adit Cs. Petuah bijak yang disampaikannya dengan ringan dan lugas mampu mengembalikan suasana gaduh menjadi teduh.

Pada versi movie mereka. Diceritakan mengenai bagaimana Adit, Sopo dan Jarwo bertemu dan Adelya lahir.

3. Kiko

Kiko mengisahkan seekor anak ikan mas koki yang sangat mandiri, walaupun ia anak tunggal. Kiko yang selalu riang memiliki empat sahabat baik yaitu Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin dan Poli si ikan cupang. Di sisi lain, sosok antagonis, Karkus si ikan lele dan Pupus si belut, selalu membuat ricuh kehidupan Kiko. 

Suatu hari, danau tempat tinggal Kiko tercemar polusi atau limbah beracun akibat ulah sembrono manusia sehingga menyebabkan Kiko dan teman-teman berubah menjadi mutan.

Secara keseluruhan, program televisi diatas merupakan pilihan yang sangat baik untuk dijadikan hiburan bagi anak-anak. Program-program tersebut dirancang khusus untuk memberikan konten yang edukatif, mendidik, dan menghibur, sehingga anak-anak dapat terhibur sambil belajar hal-hal baru yang berguna bagi perkembangan mereka. 

Dengan memilih program televisi yang tepat, orangtua dapat memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan pengalaman menonton yang aman dan positif. Selain itu, program-program televisi ramah anak juga dapat membantu membangun nilai-nilai positif, seperti kerjasama, kejujuran, dan persahabatan. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mendukung produksi program-program televisi ramah anak yang berkualitas, agar generasi muda dapat tumbuh dan berkembang dengan cara yang positif dan sehat.

Semua Program dapat kamu tonton di saluran Kids TV Ch.46. Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Anak Kreatif Rp 49.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal tayangan lainnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900