Yuk Intip Budaya Negara Uzbekistan yang Unik!

ENTERTAINMENT
  • 15274
  • Selasa 21 Pebruari 2023 17:43
Yuk Intip Budaya Negara Uzbekistan yang Unik!

Uzbekistan adalah pesona negara yang memiliki banyak budaya di dalamnya. Negara kecil di Asia Tengah ini mempunyai budaya yang unik hingga UNESCO memberikan banyak penghargaan untuk negara ini.

Budaya Uzbekistan Unik karena terbentuk selama ribuan tahun, menggabungkan tradisi dan adat istiadat orang-orang dari berbagai zaman mendiami wilayah Uzbekistan modern. Orang Persia kuno, Yunani, Arab, Cina, Rusia, dan suku-suku Turki nomaden semuanya berkontribusi pada budaya Uzbek.

Daripada Penasaran Yuk Intip apa saja budaya yang dimiliki oleh Uzbekistan!

  1. Etnis

Warga Uzbekistan, wanita dan pria umumnya berasal dari ras Uzbek dengan persentase 80 persen. Namun seperti di negara lain, migrasi mengakibatkan munculnya perpaduan genetik antara Asia, Eropa, bahkan Rusia dengan segala keunikannya.

Kelompok-kelompok minoritas utama adalah Rusia (5%), Tajik (5%), Kazaks (3%), Tatar (2,5%), dan Karakalpaks (2%) dan kelompok minoritas lainnya termasuk Armenia dan Koryo-saram.

  1. Adat Pernikahan

Upacara pernikahan di negara uzbekistan terbilang unik. Salah satu upacaranya bernama Kelin-Salom, yaitu pengantin wanita memberikan salam unik dilakukan setelah satu hari setelah pernikahan.

Setiap orang mengambil giliran untuk menyampaikan harapan dan berkah terbaik mereka kepada pengantin baru dan memberinya hadiah. Pengantin wanita menyambut setiap tamu dengan cara membungkuk. Dia membungkuk terlebih dahulu kepada orang tua suaminya dan anggota keluarga dekatnya yang lain dan kemudian kepada orang lain. Ritual salam disertai dengan nyanyian, biasanya oleh seorang kerabat wanita.

Untuk Setiap salam dari pengantin wanita berhak menerima hadiah dan berkat, dan memberikan hadiah kecil yang dikumpulkan sebagai balasannya. Diyakini bahwa hadiah dari pengantin wanita yang baru menikah membawa keberuntungan bagi seorang wanita muda yang belum menikah.

  1. Pakaian Tradisional

Pakaian nasional Uzbekistan sangat cerah dan indah. Tidak jarang kita jumpai orang berpakaian adat di perkotaan. Sekarang dipakai pada festival dan hari libur tradisional.

Pakaian pria nasional adalah jubah berlapis - chapan, diikat dengan selendang. Topi pria tradisional adalah tubeteyka dari berbagai jenis: duppi, kalpon, kallapush dan alas kaki tradisional adalah sepatu bot, terbuat dari kulit tipis.

Setelan tradisional wanita Uzbekistan terdiri dari tunik polos khan-atlas dan celana panjang lebar. Di atas pakaian ini para wanita mengenakan jubah seperti chapan pria. Pakaian berpenampilan bergaya yang terbuat dari kain atlas dan bertali kaya dengan benang emas.

Bagian tak terpisahkan dari pakaian nasional wanita Uzbekistan adalah perhiasan emas dan perak.

  1. Makanan

Makanan Asal Uzbekistan adalah makanan paling enak selama berabad – abad negara tersebut mengadaptasi resep dari budaya tetangga untuk menciptakan makanan yang beraroma dan memuaskan.

Kuliner khas Uzbekistan adalah palov, yakni hidangan utama yang biasanya dibuat dengan nasi, potongan daging, parutan wortel dan bawang bombai. Hidangan ini biasanya dimasak di kazan (atau deghi) di atas api terbuka. kacang arab, kismis, berberis, atau buah-buahan dapat ditambahkan untuk variasi.

Hidangan nasional penting lainnya meliputi: shurpa, sup yang terbuat dari potongan-potongan besar daging (biasanya daging domba) dan sayuran segar. Norin dan lagman, hidangan berbasis mie yang dapat disajikan sebagai sup atau hidangan. utama

Manti, chuchvara, dan somsa, adonan pastri yang diberi isian dan disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama. Dimlama (rebusan daging dan sayuran) dan berbagai kebab, biasanya disajikan sebagai hidangan utama.

  1. Tari Tradisional

Tarian Khorezmian adalah salah satu tarian tradisional Uzbekistan. Tarian ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Filosofi utama dari tarian ini adalah untuk mengekspresikan cinta hidup, keindahan alam, dan dedikasi untuk bekerja. Tema-tema tersebut tercermin dalam koreografinya, dengan gestur eksentrik yang menirukan gerakan burung, pekerja, dan sebagainya.

Selain itu ada Tarian Tarian Bukhara memiliki satu kesamaan yang jelas dengan tarian Khorezm—ada juga energi dan semangat di sini. Namun, gerakan goyang yang anggun dan rotasi lambat Bukhara sama sekali berbeda.

Ciri unik lainnya di sini adalah penekanan pada tubuh bagian atas: lengan, bahu, leher, dan dada semuanya berada di garis depan. Penari Bukhara juga cenderung hanya menggunakan dua alat musik sederhana selama pertunjukannya: "kairaki" (pelat logam yang mirip dengan alat musik) dan "dangers" (lonceng berbentuk bola yang dikenakan dalam bentuk gelang di pergelangan tangan dan sepatu bot).

Itulah Budaya Negara Uzbekistan yang perlu kamu ketahui. Ternyata Uzbekistan juga menjadi tuan rumah piala AFC u-20 Looh. Yuk nonton pertandingan Piala Asia U-20 2023 dengan berlangganan! Segera aktifkan Paket Sports Mania Rp 69.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900