7 Tips Jitu Menahan Lapar Saat Puasa Ramadan

ENTERTAINMENT
  • 1253
  • Senin 27 Maret 2023 16:09
7 Tips Jitu Menahan Lapar Saat Puasa Ramadan

Keluarga MNC Vision sudah memasuki bulan puasa, pasti banyak dari kamu yang mencari solusi bagaimana caranya menahan lapar bukan?. 

Selama bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Menahan lapar dan haus selama puasa bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang, terutama pada hari-hari awal puasa. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa tips jitu agar bisa menahan lapar saat puasa. 

Berikut adalah 7 tips jitu menahan lapar saat puasa:

  1. Sahur yang cukup

Sahur adalah Hal yang wajib dilakukan untuk menahan rasa lapar, karna sumber untuk satu hari penuh di topang oleh sahur. Selain itu sahur juga dapat memenuhi kebutuhan gizi seseorang sebelum menjalani kegiatan sehari – hari.

  1. Konsumsi Makanan penahan lapar

Selain sahur penting juga untuk memilih makanan yang bisa menahan lapar selama menjalankan ibadah puasa. Dibawah ini untuk daftar makanan yang dapat menjadi sumber penahan lapar:

  • Karbohidrat kompleks: jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat Anda kenyang lebih lama. Contohnya; kentang nasi merah, oat, ubi, dan lain sebagainya. 

  • Protein: jenis makanan ini merupakan sumber energi. Contohnya; daging ayam, telur, tahu, daging merah, dan tempe. 

  • Lemak tak jenuh: jenis makanan ini membantu untuk menjaga berat badan. Contohnya ada minyak zaitun, salmon, dan kacang tanpa garam. 

  • Buah dan sayur: jenis makanan ini kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya yaitu kurma, pisang, alpukat, buncis, brokoli, dan jagung.

Semua bisa kamu konsumsi saat sahur sebelum beraktifitas dimulai.

  1. Istirahat yang cukup

Kurangnya istirahat dapat memicu reaksi lapar lebih cepat ketika siang hari. Kamu bisa melakukan tidur yang cukup dengan cara tidur setelah menunaikan ibadah salat tarawih atau mencuri waktu di siang hari.

Tidur mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang.

  1. Tubuh Terhidrasi dengan baik

Tubuh manusia mengandung air sekitar 60 hingga 70 persen dari berat tubuhnya. Cara yang paling mudah adalah penuhi kebutuhan carian harian dengan cara minum air putih sebanyak 2 liter. 

Jadi pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik. Dengan begitu juga rasa lapar dapat di tahan hingga waktunya berbuka puasa.

  1. Kelola Stres

Ketika berpuasa emosi cenderung menjadi tidak stabil. Stres pun menjadi hal yang datang tiba – tiba. Stress dapat memicu seseorang menjadi lapar dan ingin selalu makan. 

Efek buruk dari stres ini muncul karena adanya hormon bernama ghrelin yang memicu rasa lapar. Peneliti dari RMIT University di Melbourne menyatakan bahwa stres bisa memicu produksi ghrelin yang ketika jumlahnya besar dapat memunculkan nafsu makan

  1. Bantu dengan Vitamin

Selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kalau kamu menyiapkan vitamin, seperti vitamin B12 dan C. Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh kamu sekaligus sebagai penambah energi. Pakar kesehatan asal Oxford, dr. Razeen Mahroof mengatakan bahwa kebutuhan vitamin pada tubuh tetap harus diperhatikan selama berpuasa, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

  1. Menyibukkan diri

Tips yang terakhir cara menunda rasa lapar dan haus adalah dengan membagi fokus pikiran agar terfokus kepada aktivitas yang sedang dilakukan sehingga membuat anda lupa dengan rasa lapar.

Salah satu ide terbaik untuk menghabiskan waktu selama berpuasa adalah dengan menonton film favorit Anda. Menonton film yang berdurasi panjang ataupun berseries akan membuat Anda terfokus pada jalan cerita dan akan membuat Anda lupa dari rasa lapar dan haus.

Kabar baiknya MNC Vision menyuguhkan film – film favorit kamu di Televisi. MNC Vision adalah sebuah platform TV Berlangganan dengan cara memberikan segudang film yang dapat kamu tonton saat puasa.

Banyak film – film yang disuguhkan mulai dari film action seperti Transformers, acara anak Miao Mi, Melihat berbagai masakan dunia bisa kamu temukan di AFN dan masih banyak lagi tayangan yang akan menemanimu di bulan ramadan ini.

Semua tayangan bisa kalian tonton degan berlangganan di MNC Vision TV berbayar murah. Dengan cara mengaktifkan Paket Super sebesar 300.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900