Tahun Baru di Bulan April?, Ini Dia Fakta Negara Kamboja yang Belum Kamu Ketahui!

ENTERTAINMENT
  • 4017
  • Rabu 03 Mei 2023 17:04
Tahun Baru di Bulan April?, Ini Dia Fakta Negara Kamboja yang Belum Kamu Ketahui!

Kamboja salah satu penyelenggara dan tuan rumah SEA Games 2023. Ternyata Kamboja adalah negara yang unik salah satunya adalah Tahun baru di bulan April.

Selain itu juga Kamboja terkenal akan kuil-kuil tradisional khas Kamboja yang sangat ikonik. Masih banyak fakta menarik lainnya dari negara yang dijuluki “Tanah Kemakmuran”.

Yuk simak dibawah ini untuk daftarnya!

1. Tahun baru di bulan April

Masyarakat dunia merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya jika mengikuti kalender Masehi. Berbeda dengan tahun baru masyarakat Kamboja, mereka melakukan perayaan tahun baru di pertengahan bulan April yang jatuh pada tanggal 13 atau 14 – 16 April Setiap tahunnya.

Tanggal ini menandai akhirnya musim panen, dimana para petani dan nelayan rehat dari aktivitas. Tahun Baru Khmer sebutannya, seperti di Indonesia semua masyarakat memanfaatkannya untuk mudik ke daerah masing – masing.

2. Bendera yang memuat bangunan

Satu Satunya di dunia Negara yang membuat gamabr bangunan adalah Kamboja. Bendera tersebut terbagi menjadi dua warna yaitu merah dan biru, dan satu gamabr bangunan Angkor Wat bangunan keagamaan terbesar.

Kamboja telah mengadopsi total 10 bendera yang berbeda selama sejarahnya. Bendera Nasional pertama kali digunakan antara tahun 1948 dan 1970 dan diperkenalkan kembali pada tahun 1993.

3. Candi Terbesar di Dunia

angkor wat

Salah satu yang paling terkenal di Kamboja adalah bangunannya yaitu Angkor Wat. Angkor Wat adalah kompleks candi Buddha berukuran sangat besar, terletak di bagian utara Negara Kamboja. Komplek ini sangat besar membentang hingga 1.626.000 meter persegi. 

Angkor Wat dibangun pada awal abad ke-12 sebagai candi kenegaraan. Candi pendarmaan Raja Suryawarman II ini pada mulanya adalah candi agama Hindu yang dibaktikan kepada Dewa Wisnu, kemudian dialihfungsikan menjadi candi agama Buddha menjelang akhir abad ke-12.

4. Danau terbesar di Asia Tenggara

tonle sap

Selain komplek percandian kamboja juga mempunyai danau terbesar di Asia Tenggara yaitu Tonle Sap. Danau ini juga merupakan habitat dari keanekaragaman hayati yang ditetapkan oleh Unesco sebagai biosfer pada tahun 1997.

Salah satu keunikan dari danau ini adalah aliran arusnya yang kerap berubah arah setiap dua kali per tahunnya. Ukuran danau pun kerap melebar dan mengecil sesuai dengan musim.

5. Tuk Tuk Kendaraan Unik

tuk tuk

Tidak hanya di Thailand Tuk Tuk juga berada di kamboja. Tuk Tuk menjadi transportasi umum bagi masyarakat kamboja. Kendaraan ini juga menjadi kendaraan wisata untuk berkeliling di Angkor Wat.

Kendaraan ini dapat mengangkut empat orang penumpang, dua orang mengadap kedepan dan dua penumpang lainnya harus menghadap ke belakang. Kendaraan ini menyerupai delman tetapi sudah dimodifikasi menggunakan mesin kendaraan.

6. Memiliki Kopi yang Terkenal

coffee

Budaya ngopi merambah sudah memasuki negara Kamboja, kopi Kamboja memiliki ciri khas yang berbeda dengan kopi lainnya. Ada tiga jenis kopi yang terkenal yaitu "Kopi Kamboja", "Kopi Siam Reap" dan "Kopi Kampot".

Kopi Kamboja ditanam di daerah dataran tinggi di provinsi Ratanakiri, sementara kopi Siam Reap ditanam di dekat kuil Angkor Wat dan kopi Kampot ditanam di provinsi Kampot.

7. Negara yang selalu berganti nama

Terakhir fakta menarik dari negara Kamboja adalah negara ini rajin mengganti namanya. Dimulai pada tahun 1953, negara ini bernama Kerajaan Kamboja, tapi Kamboja akan merubah namanya setiap pemerintahan yang baru.

Tercatat antara tahun 1953 hingga 1970, negara ini bernama Kerajaan Kamboja, dan kemudian Republik Khmer sampai tahun 1975. Di bawah pemerintahan komunis dari tahun 1975-1979, Kamboja disebut sebagai Kampuchea Demokratik. Lalu, di bawah otoritas transisi PBB dari tahun 1989-1993, negara ini menjadi Negara Kamboja. Setelah pemulihan monarki pada tahun 1993, namanya berubah lagi dan kembali menjadi Kerajaan Kamboja sampai sekarang.

Bagaimana sudah tahu kan ternyata negara ini menyimpan banyak fakta uniknya loh!, Saat ini Kamboja sedang menyelenggarakan SEA Games ke 32 yang sebentar lagi akan dilaksanakan pembukaan pada tanggal 5 Mei 2023.

Jangan lewatkan seluruh pertandingan olahraga SEA Games 2023, di MNC Vision secara Eksklusif seluruh cabang olahraga akan ditayangkan di saluran MNC Sports, MNC Sports 2, MNC Sports 3 & Soccer Channel.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket Sports Mania Rp 69.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686

(021) 21 500 900