Fakta Unik Negara Qatar Penyelenggara Piala Asia AFC 2023

SPORTS
  • 3718
  • Jumat 05 Januari 2024 17:07
Fakta Unik Negara Qatar Penyelenggara Piala Asia AFC 2023

Tuan Rumah Piala AFC 2023 sudah dipastikan diadakan di Qatar. Qatar akan menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah tiga edisi Piala Asia, setelah tahun 1988 dan 2011. Turnamen akan digelar pada 10 Januari sampai 12 Februari 2024. Timnas Indonesia juga turut bermain di turnamen ini.

Meski awalnya China yang merupakan tuan rumah Piala Asia 2023. Namun, mereka mengundurkan diri dengan alasan ingin fokus menyelesaikan masalah COVID-19. Qatar pun ditunjuk untuk menggantikan China. Qatar terpilih di antara dua negara lain yang juga mengajukan bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, yakni Indonesia dan Korea Selatan.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan bahwa Qatar memiliki riwayat apik dalam menggelar event olahraga bertaraf internasional. Qatar juga disebut memiliki perhatian terhadap detail saat bertanggung jawab menggelar ajang-ajang internasional tersebut. Dikutip dari laman resmi AFC “Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang cermat terhadap detail sangat dikagumi di seluruh dunia.” ujar Shaikh Salman. Lalu, Shaikh Salman juga turut menyoroti profesionalisme Qatar selama proses bidding.

Di Piala Asia, Timnas Indonesia sendiri dipastikan mengambil bagian. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 usai menjadi salah satu runner-up grup terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023. Diantaranya, ada Thailand hingga Vietnam.

Baca Juga: MNC Vision Official Broadcaster UEFA EURO 2024

Berikut fakta unik negara Qatar yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 dari berbagai sumber:

  1. Stadion Ahmad bin Ali tempat Piala Asia 2023 digelar

ahmad bin ali stadium

Ahmad bin Ali melambangkan berbagai aspek Qatar, mulai dari pentingnya keluarga, keindahan gurun, flora, dan fauna asli, serta perdagangan lokal dan internasional. Strukturnya yang mirip bukit pasir menyerupai bukit pasir yang menyerupai bukit pasir yang mengelilingi tenda gurun tradisional. Bentuk kelima perisai menyatukan semua yang lain, mewakili kekuatan dan persatuan yang relevan dengan kota Al Rayyan.

  1. Negara paling aman di dunia

Negara ini memiliki tingkat kejahatan dan masalah keamanan yang sangat minim. Indeks Kejahatan Numbeo menempatkan Qatar sebagai negara teraman di dunia. Numbeo juga menempatkan Doha sebagai kota teraman kedua di dunia.

  1. Mudah diakses

Lebih dari 95 negara yang mengunjungi Qatar dari seluruh dunia memiliki bebas visa atau dengan mengisi aplikasi online sederhana, tergantung dengan paspor yang mereka bawa.

  1. Fasilitas maskapai dan bandara terbaik di dunia

Qatar Airways

Qatar Airways dianugerahi sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia. Bandara internasional Hamad dianugerahi sebagai bandara terbaik di dunia di Skytrax World Airport Awards 2021.

  1. Pengekspor minyak bumi

Qatar memiliki sumber daya alam yang kaya, sehingga Qatar menjadi negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Tidak heran bila negara Timur Tengah ini menjadi salah satu negara yang ekonominya berkembang pesat dan makmur.

  1. Negara makmur

Qatar juga disebut sebagai negara yang perekonomiannya makmur. Kehidupan para pekerja semakin sejahtera karena mereka dibebaskan dari pajak penghasilan.

  1. Memiliki ragam makanan khas

kausa Mashi

Sama halnya seperti negara lain, Qatar memiliki banyak sekali makanan khas. Adapun makanan khas Qatar diantaranya Madrooba, Saloona, hingga Kausa Mahshi yaitu makanan yang terbuat dari zukini yang diisi daging kambing.

Baca Juga: Dukung dan Saksikan Piala Asia AFC Qatar 2023 di MNC Vision

  1. Tempat wisata yang indah

Corniche Doha

Negara ini memiliki banyak sekali destinasi atau tempat-tempat wisata yang indah. Mulai dari Pulau Buatan Palm Tree, Museum Seni Islam, Gurun Safari, hingga yang populer The Corniche.

Itulah fakta-fakta unik negara Qatar penyelenggara Piala Asia AFC 2023 yang akan di selenggarakan 12 Januari - 10 Februari 2024. Saksikan seluruh pertandingannya hanya di MNC Vision!

Nonton semua tayangan unggulannya di MNC Vision TV berbayar.

Simak keseruan pertandingan Piala Asia AFC 2023. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686