Tayangan Hiburan Ramadan yakni Sang Pencerah

ENTERTAINMENT
  • 1911
  • Jumat 22 Maret 2024 16:31
Tayangan Hiburan Ramadan yakni Sang Pencerah

Menonton tayangan Ramadan menjadi salah satu tradisi yang diikuti banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di tengah kesibukan menjalankan ibadah puasa dan merenungkan makna ramadan, menonton film spesial Ramadan seperti "Sang Pencerah" menjadi pilihan yang menarik. 

Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan inspirasi dan refleksi tentang nilai-nilai kehidupan yang relevan dengan tema ramadan. Sebagai salah satu film Indonesia yang penuh makna, "Sang Pencerah" memiliki pesan-pesan yang menginspirasi, film ini menjadi sajian istimewa bagi mereka yang ingin mengisi waktu luang di bulan suci ini dengan tayangan yang bermakna.

Dari pada penasaran yuk simak sinopsisnya dibawah ini.

Sinopsis Sang Pencerah

Berkisah tentang seorang pemuda berusia 21 tahun yang prihatin terhadap penegakan hukum Islam yang menyimpang dari bid’ah, syirik, dan bidah. Pada tahun , beliau menggunakan kompas untuk menunjukkan arah kiblat  Masjid Agung Kauman.

Meski disangka mengarah ke barat, namun sebenarnya mengarah ke Afrika, bukan ke arah Ka'bah di Mekkah. Usulan tersebut sontak membuat geram para kiai, termasuk Pimpinan Masjid Agung Kauman, Kiai Penghulu Cholil Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo).

Ahmad Dahlan, pemuda yang sudah lima tahun menuntut ilmu di Kota Mekkah, dinilai melanggar aturan yang sudah berlaku selama berabad-abad. Meski usulan perubahan arah kiblat ditolak,  Ahmad Dahlan (Lukman Sardi) memulai gerakan mengubah arah kiblat yang tidak benar.

Ahmad Dahlan dianggap sebagai guru sesat yang menghasut dan melemahkan kewibawaan keraton dan Masjidil Haram. Ini bukan pertama kalinya Ahmad Dahlan membuat marah para Kyai.

Langgar kidul di sebelah rumahnya, tempat mereka salat berjamaah dan mengaji, bahkan dihancurkan massa karena dianggap menyebarkan aliran sesat.

Ahmad Dahlan juga didakwa mengajarkan agama Islam di Kweekschool (sekolah bangsawan) di Jetis, Yogyakarta, dengan menempatkan siswanya duduk di kursi, mirip dengan sekolah modern di Belanda.

Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai Kyai Kejawen hanya karena kedekatannya dengan kalangan intelektual Jawa pimpinan Budi Utomo. Namun Pemuda Kauman tidak gentar dengan tuduhan tersebut.

 Menonton tayangan spesial Ramadan seperti "Sang Pencerah" bukan hanya sekadar mengisi waktu luang, tetapi juga sebuah pengalaman yang mendalam. Melalui pesan-pesan yang disampaikan dalam film ini, kita diingatkan akan pentingnya nilai-nilai seperti kesabaran, keikhlasan, dan penghargaan terhadap perbedaan. 

Sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, film ini mengajarkan bahwa dalam setiap cobaan ada hikmah, dan setiap langkah yang diambil dengan niat yang tulus akan membawa kita mendekatkan diri kepada kesempurnaan.

Nonton semua tayangannya di MNC Vision TV berbayar murah.

Yuk berlangganan! Segera aktifkan Paket MVP Rp 22.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini, atau mau melihat Jadwal Programnya bisa juga klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Dimana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang

WhatsApp Interaktif 24 Jam: 08991500686.