Adios Barca! Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona

SPORTS
  • 2259
  • Jumat 06 Agustus 2021 17:00
Adios Barca! Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona
Berita Sepakbola - Kabar mengejutkan sepakbola dunia, Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona. Kabar ini dikabarkan secara resmi oleh Barcelona disitus resminya pada Jumat, (6/8/2021) dini hari WIB. Messi terakhir kali memperpanjang kontraknya selama 3 tahun dengan Barcelona pada November 2017 dan berakhir pada Juni 2021 lalu. Kabar Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona akhirnya mematahkan prediksi La Pulga itu akan loyal bersama klub yang membesarkan namanya. 
 
Messi bergabung dengan FC Barcelona sejak dirinya berusia 13 tahun. Selama 21 tahun karir sepakbolanya di Camp Nou, La Pulga sukses membawa Barca memenangkan berbagai gelar penting. Selama bersama Barca, striker Argentina ini sukses mencetak 672 gol dan 305 assist dari 778 pertandingan.
 
Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona
Ferewell Messi sebelum Tinggalkan Barcelona

Kenapa Lionel Messi Tinggalkan Barcelona? 

 
Dikutip dari Sportskeeda, Minggu (8/8/2021) setidaknya ada lima alasan kenapa Messi meninggalkan Barcelona klub yang membesarkan namanya; 
 

1. Kesalahan dalam Urusan Keuangan yang Berkepanjangan

 
Beberapa tahun terakhir, Barcelona mengalami masalah keuangan akibat kesalahan besar dalam finansial di mana tim Camp Nou ini terus menerus melakukan investasi jangka panjang dengan melakukan pembelian pemain-pemain bintang dari klub lain dibandingkan dengan opsi untuk melakukan pembinaan pemain muda dari akademi Barcelona yang sudah ada. Otomatis pembelian pemain ini membuat Barcelona memiliki hutang yang cukup banyak.
 
Barcelona boros beli pemain mahal
Antoine Griezmann dibeli dengan harga 120 juta euro atau Rp1,8 triliun
 
Krisis ekonomi melanda bersamaan Pandemi Covid-19 yang menjangkiti dunia dan ini berimpact pada dunia olahraga, termasuk sepakbola. Hasilnya, Barcelona harus menyelamatkan keuangannya mereka dengan melakukan pemotongan gaji para pemain termasuk Messi. Meskipun demikian, solusi pemotongan gaji pemain tetap tidak mampu membuat Barcelona memenuhi peraturan pembatasan gaji yang dikeluarkan oleh Liga Spanyol. Inilah yang menyebabkan Blaugrana gagal untuk menyelesaikan perpanjangan kontrak baru untuk Messi. 
 

2. Josep Bartomeu Korupsi 

Josep Bartomeu Terbukti Korupsi
Ex Presiden klub Barcelona, Josep Bartomeu
 
Ex Presiden klub, Josep Bartomeu sempat menjadi pusat perhatian setelah terbukti salah menjadi dalang dibalik kecurangan administrasi dengan melakukan korupsi dan pencucian uang yang disebut Barcagate. Kasus ini menjadi salah satu alasan Messi hilang kepercayaan kepada dewan klub yang bermarkas di Camp Nou. Pada akhirnya kondisi ini membuat keputusan untuk meninggalkan Barcelona. 
 

3. Visi Barcelona Semakin Tidak Jelas

 
Seperti yang kita ketahui, bahwa Messi memiliki pengaruh yang sangat besar sehingga membuat Barcelona lupa bahwa sepak bola itu merupakan olahraga tim yang memerlukan kerjasama semua pemainnya. Karena pengaruhnya Messi sangat besar, ini yang membuat Barcelona sangat ketergantungan kepada Messi dan lupa untuk mengembangkan pemain-pemain muda di akademi untuk regenerasi. 
 
JIka dari prestasi, memang benar Messi merupakan pemain terbaik sepanjang sejarah klub Kalatan tersebut. Namun keberadaan sang megabintang ini membuat Barcelona gagal dalam membuat proyek jangka panjang tim yang akhirnya membuat kejatuhan Barcelona.
 

4. Dua Kekalahan Memalukan Liga Champions Secara Berturut-turut

Sampai dengan saat ini, Barcelona sukses meraih lima kali juara Liga Champions di mana empat trofi tersebut diraih di era Messi. Namun sayang, dalam pada tiga tahun terakhir, Barcelona selalu gagal menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu klub terkuat di Dunia. 
 
Barca kalah di 2 musim Liga Champion
Barcelona kalah "memalukan" oleh Bayern Munchen di Liga Champions 2020/2021
 
Liga Champion musim 2018/2019 menjadi tahun terburuk bagi Barcelona di mana dalam Laga Semi Final, Messi dkk harus mengakui keunggulan Liverpool dengan kalah agregat 4-3. Padahal dalam laga pertama di Camp Nou, Messi dkk sukses meraih kemenangan dengan skor telak 3-0. Namun keadaan berbalik, di mana Barcelona harus merelakan satu tempat di babak Final setelah ditaklukan Liverpool di Anfield dengan skor telah 4 gol tanpa balas. 
 
1 musim setelahnya atau 2020/2021, Barcelona hanya mampu mencapai babak perempat final setelah kalah dari Bayern Munchen dengan skor sangat telak 2-8. Kekalahan terbesar yang dialami oleh Barcelona selama keikutsertaannya di liga bergengsi di benua Eropa. 
 

5. Lionel Messi Lampaui Klub

Barcelona sudah menganggap Lionel Messi seperti jimat kesuksesan Barca untuk bisa bersaing dalam setiap kompetisi. Namun sayang, ini menjadi boomerang bagi Barcelona yang kerap melakukan keputusan yang keliru hanya demi sang ikon. Puncaknya ketika Barcelona mejual dua sahabat terdekat Messi, Luis Suarez dan Arturo Vidal yang memancingkan kemarahan dari sang ikon. Ditambahkan kurangnya kepercayaan Messi pada visi misi dari strategi Ronald Koeman yang sempat menjadi pelatih Barca. 
 
Messi sukses melampaui rekor Barcelona
Selebrasi Messi setelah mencetak gol
 
Kedua kondisi ini mambuat Messi mengajukan untuk memasukkan namanya dalam daftar transfer tahun lalu dan ini membuat kehebohan dunia sepakbola. Ini juga menjadi prediksi bahwa Messi tidak akan bertahan lama lagi di Camp Nou. 
 

Kemana Lionel Messi setelah Resmi Meninggalkan Barcelona?

 
Kemana sang pemain setelah resmi meninggalkan Barcelona? Pilihannya sangat terbatas, karena klub akan mempertimbangkan gaji yang sudah sangat tinggi. Hanya ada beberapa klub di Eropa dan Dunia yang mampu memenuhi permintaan membayar gaji Lionel Messi yang kini sudah sangat tinggi. Beberapa di antaranya menjadi rival besar Barcelona di Liga Champions. Berikut ini beberapa klub yang bisa menjadi destinasi Lionel Messi setelah resmi meninggalkan Barcelona, seperti dilansir dari AS Football.
 

1. Paris Saint German (PSG) 

Kemungkinan Lionel Messi akan pindah ke klub Ligue 1, Paris Saint Germain. PSG merupakan klub yang memiliki kekuatan finansial yang mumpuni untuk bisa membeli dan membayar gaji Messi. Apalagi PSG, sangat ingin meraih trofi Liga Champions dan adanya Messi akan membuat tim penyerang PSG akan semakin kuat dan ditakuti. 
 
Messi dikabarkan akan pindah ke PSG
 
Apalagi di PSG, ada Neymar yang bertemn baik saat masih membela Barcelona. Kepindahan Lionel Messi ke PSG menjadi ideal, dan kemungkinan besar akan terjadi. Hal ini terutama PSG memnita bantuan dari pemain-pemain Argentina untuk membujuk Lionel Messi untuk bergabung ke PSG.
 

2. Manchester City 

Ada prediksi bahwa Lionel Messi akan pindah ke salah satu klub Liga Premier Inggris yaitu Manchester City. Kedekatan antara Pep Guardiola dengan Messi menjadi faktor yang membuat Messi bisa pindah ke City. Manchester City secara finansial adalah tim terkuat di Liga Inggris dan rasanya hanya yang mampu meminang Lionel Messi. 
 
Messi dikabarkan akan pindah ke Mancity
 
Namun City sebelumnya sudah membeli Jack Grealish dan diperkirakan akan menyusul Kapten Inggris Harry Kane yang totalnya mencapai 2.8 triliun. Jika transfer Harry Kane terjadi, maka City dipastikan Messi tidak akan pindah ke City karena sudah tidak memiliki cukup dana untuk membayar gaji Messi.
 

3. Tim MLS 

Messi dikabarkan akan pindah ke MLS
 
Potensi Lionel Messi pindah dari Barcelona yakni merapat ke Liga Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS) bisa terjadi. Pasalnya Messi sudah dirayu oleh Inter Miami Jorge Mas. Sang pemilik optimis suatu hari Messi akan bermain di MLS. Saat ini tidak ada tanda-tanda dari sang pemain untuk melanjutkan karir sepakbolanya di Liga Amerika tersebut.
 

4. Newell's Old Boys

 
Ada potensi Messi bisa pindah untuk bermain di klub Argentina, yaitu Newell's Old Boys. Klub ini merupakan klub masa kecil Messi sebelum memutuskan untuk bergabung ke Barcelona. Lionel Messi sendiri pernah bermain untuk tim muda Old Boys sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Barcelona pada tahun 2001. Jika Messi memutuskan pindah ke Newell's Old Boys dirinya akan menghormati legenda Argentina, Diego Maradona yang pernah bermain di klub ini musim 1993/1994.
 
Kemanakah sang ikon Barcelona, Lionel Messi akan bermain musim depan? Dapatkan info terbaru seputar sepak bola dari MNC Vision. MNC Vision memiliki program khusus yaitu "Tempatnya Gila Bola" dan channel-channel olahraga yang menayangkan beragam pertandingan dari cabang-cabang olahraga bergengsi di dunia, termasuk sepakbola. 
 
Tidak mau ketinggalan pertandingan dari liga-liga sepakbola dunia dan cabang olahraga lain, segera berlangganan MNC Vision, Pay TV Keluarga Indonesia. Apalagi kini MNC Vision memberikan fitur CATCH Up TV, di mana setiap pelanggan akan bisa menyaksikan tayangan ulang selama 7 hari ke belakang. Bahkan menonton tayangan dari MNC Vision bisa dilakukan Multiscreen sampai 3 gadget sekaligus secara bersamaan. 
 
CTA PAKET VISION SPORT
 
Selain fitur CATCH Up TV, MNC Vision juga telah meluncurkan fitur terbarunya yakni fitur Selfcare. Fitur yang ada di aplikasi Vision+ ini akan memberikan keuntungan untuk setiap pelanggan MNC Vision, diantaranya info layanan pelanggan, update atau tambah paket, info tagihan dan pembayaran tagihan via aplikasi hingga info reward program untuk pelanggan. Kedua fitur ini dapat kamu nikmati dengan men-download aplikasi Vision+ di Google Play Store atau Apps Store dan CONNECT ID Pelanggan kamu di smartphone! So, buruan berlangganan MNC Vision dan download aplikasi Vision+ untuk dapatkan beragam kemudahan dan keuntungan. MNC Vision kini dalam genggaman, nonton di mana saja, dan kapan saja!
 
2 hari lagi, tepatnya tanggal 8 Agustus 2021 MNC Vision genap berusia 27 tahun! Ada apa saja di HUT MNC Vision 27 Tahun? MNC Vision sudah menyiapkan big event dengan beragam kejutan dan hadiah special yang nominalnya lebih dari 27 JUTA RUPIAH! Tidak hanya itu, acara HUT MNC Vision 27 Tahun ini juga akan didukung lebih dari 270 partner.
 
Mau tahu lebih lengkap tentang kemeriahan acara HUT MNC Vision 27 Tahun? Jangan lupa untuk follow Instagram Official MNC Vision di @mncvisionid agar tidak ketinggalan info dari keseruan acara ini!