Orang Tua Wajib Tahu! 3 Tips Puasa untuk Anak

LIFESTYLE
  • 4138
  • Rabu 05 Mei 2021 10:56
Orang Tua Wajib Tahu! 3 Tips Puasa untuk Anak
Sudah menjelang minggu-minggu terakhir puasa di bulan Ramadhan, bagaimana puasanya Moms and Dads? Bagaimana juga kondisi anak, apakah masih semangat puasanya? Masih semangat dong! Itu harus ya, karena pada 10 hari terakhir menurut Ustadz dan Kyai justru merupakan hal terpenting dan memiliki keberkahan yang sangat amat besar. Yah, 10 malam terakhir ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu Lailatul Qadar.  

3 Tips Puasa Ini Bantu Anak agar Lebih Semangat Menjalaninya 

Para orang tua pasti muncul perasaan bangga saat anaknya melakukan ibadah puasa satu bulan penuh Oleh karena itu, peran kamu sebagai orang tua sangat dibutuhkan di momen bulan Ramadhan ini. Momen ini sangat tepat bagi kamu untuk mengajarkan dan memberikan semangat untuk anak berpuasa. Moms and Dads buat anak-anak jadi lebih semangat dan senang dalam menjalani puasa Ramadhan dengan mengikuti beberapa tips puasa untuk anak seperti di bawah ini:

1. Buat Rutinitas Bersama

Buat-Rutinitas-Bersama
Gambar: Dok. Freepik
 
Ajak anak untuk selalu mengikuti rutinitas selama bulan puasa, mulai dari sahur, shalat lima waktu, membaca Al-quran, berbuka puasa, hingga tarawih. Lakukan rutinitas ini secara bersama-sama, sehingga anak akan lebih senang menjalankannya.  Akan timbul perasaan senang melakukan rutinitas selama Ramadhan jika dilakukan bersama-sama keluarga, bukan atas dasar paksaan orang tua. Selain itu, anak juga jadi lebih cepat dalam menyerap dan memahami nilai-nilai Islam, seperti mengapa umat Islam harus berpuasa dan lain sebagainya.
 

2. Menyiapkan Menu Buka Puasa Bersama

Menyiapkan-Menu-Buka-Puasa-Bersama
 
Kamu bisa memancing anak-anak dengan pertanyaan "Kamu mau berbuka puasa pakai apa?". Jika anak menjawab dengan makanan favoritnya, langsung ajak anak bersama-sama membuat menu tersebut. Kegiatan itu akan menjadi sangat menyenangkan bagi anak dan membuat anak semakin semangat dalam menjalankan ibadah puasa.
 

3. Beri Pujian serta Reward

Beri-Pujian-serta-Reward
 
Berilah pujian atau reward yang spesial untuk anak ketika mereka berhasil menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya itu, anak pun akan merasa dihargai atas pencapaiannya, dan membuat ia semakin semangat untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Misalnya, kamu memperbolehkan anak untuk menonton tayangan favoritnya saat ngabuburit atau setelah berbuka.
 
MNC Vision memiliki layanan Pay TV dengan saluran anak terlengkap. Ada banyak pilihan tayangan berkualitas yang bisa anak-anak nikmati selama bulan puasa ini. Berikut beberapa tayangan yang bisa anak-anak nikmati selama bulan puasa:
 

Hafizh Indonesia

 
Sebuah program religi dan reality show mengenai anak-anak penghafal Al-Quran yang ditayangkan selama bulan Ramadhan. Tontonan yang  bisa memotivasi anak kamu untuk belajar dan menghafal Al-Quran. Tayangan ini hanya ada di MNC Vision channel BeSmart (Ch. 112) setiap hari jam 14.30 WIB.
 

Blue's Clues & You

 
Kamu juga bisa memberikannya tontonan seru dengan mengikuti keseruan Josh dan Blue mencari petunjuk-petunjuk rahasia untuk memecahkan misteri. Keseruan Josh dan Blue bisa kamu dapatkan di MNC Vision channel Nick Jr. (Ch. 37) setiap Senin - Jumat jam 08.35 WIB.
 
Layanan Pay TV Berlangganan dari MNC Vision bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hiburan dan edukasi untuk anak selama bulan puasa. Ada beragam channel yang tayangannya bisa dinikmati, termasuk tayangan-tayangan yang diperuntukkan untuk edukasi untuk anak. Bukan hanya tayangannya yang berkualitas dan pas untuk anak-anak, MNC Vision juga memiliki fitur baru yaitu Selfcare di aplikasi Vision+. Cukup download aplikasi Vision+ dan connect ID Pelanggan, memudahkan kamu dan anak-anak untuk menonton tayangan Pay TV, kapanpun dan dimanapun, bahkan bisa ditonton ulang hingga 7 hari ke belakang! 
 
Fitur Selfcare juga menyediakan informasi-informasi mulai dari info dan bayar tagihan, add on ragam tontonan, dan cek info Rewards khusus untuk pelanggan Platinum Club (yang sudah berlangganan lebih dari 1 tahun). Jadi, yuk berlangganan MNC Vision sekarang juga!
 
Itulah 3 tips agar anak semangat menjalani puasa hingga hari Kemenangan (Idul Fitri) tiba.
 
CTA New Sales Vision Paket Kids