11 Stadion Terpilih Jadi Tuan Rumah UEFA EURO 2020

SPORTS
  • 1344
  • Rabu 19 Mei 2021 17:50
Konsep penyelenggaraan UEFA EURO 2020 kali ini berbeda, dimana UEFA akan menggunakan 11 stadion sebagai tuan rumah pergelaran UEFA EURO 2020 pada 11 Juni – 11 Juli 2021. 11 stadion untuk UEFA EURO 2020 ini berada di 11 kota berbeda. Tercatat 24 negara peserta UEFA EURO 2020 akan bersaing untuk memperebutkan trofi UEFA EURO 2020 yang menjadi supremasi sepak bola tertinggi di benua Eropa. 24 negara tersebut sudah dibagi menjadi enam grup, dan grup F bisa dikatakan sebagai grup “Neraka” di mana ada tiga kandidat juara UEFA EURO 2020 yakni Portugal, Perancis, dan Jerman.
 

 

Daftar Nama Stadion untuk Venue UEFA EURO 2020

 

Seperti disebutkan di atas bahwa penyelenggaraan event UEFA EURO 2020 kali ini diadakan di 11 kota, 11 negara dengan 11 stadion sebagai venue diadakannya setiap match di setiap grupnya. Adapun nama-nama stadion yang menjadi venue diantaranya;  

1. Stadion Wembley, London - Inggris 

Ini merupakan stadion terbesar seantero UK dan Inggris dan menjadi markasnya timnas Inggris. Wembley yang sebelumnya bernama ‘Empire Stadium’ secara resmi dibuka pada tahun 1924. Stadion ini terkenal dengan menara kembarnya. Namun pada tahun 2000 stadion kebanggaan Inggris ditutup karena melakukan renovasi dengan menambahkan sebuah lengkungan raksasa. 
 
Stadion Wembley, London - Inggris
Gambar: Dok. Okezone
 
Sejak dibuka kembali tahun 2007, Wembley kembali dibuka dan hingga kini telah menerima 21 juta pengunjung. Stadion dengan kapasitas 90.000 bangku ini menjadikan Wembley menjadi stadion terbesar di benua Eropa dan banyak digunakan sebagai venue beberapa pertandingan besar seperti Piala FA, Final Liga Champions 2011 hingga konser-konser dari band musik ternama di dunia. 
 
Pada UEFA EURO 2020 kali ini, stadion Wembley akan menjadi venue untuk 8 pertandingan (paling banyak dari stadion lainnya), seperti babak penyisihan grup D, babak 16 besar, semifinal, dan partai puncak atau final UEFA EURO 2020. 

2. Stadion Olimpico, Roma - Italia

Stadion Olimpico yang terletak di ibukota Italia, Roma menjadi markas dua klub sepakbola Serie A yaitu AS Roma dan SS Lazio. Sejak dibuka pertama pada tahun 1953, saat ini kondisi stadion yang memiliki kapasitas 82.307 kursi sudah mengalami beberapa perubahan. 
 
Stadion Olimpico Roma Italia
 
Stadion Olimpico, juga pernah dipilih untuk mengadakan beberapa laga sepakbola dunia, seperti Olimpiade 1960, final EURO 1968, dan Piala Dunia 1990. Untuk UEFA EURO 2020, stadion ini akan menggelar 4 match, 3 partai untuk babak penyisihan untuk grup A termasuk partai pembukaan UEFA EURO 2020 (Turkey Vs Italy, 11 Juni 2021) dan satu partai Quarter-final.
 

3. Stadion Krestovsky, Saint Petersburg - Russia

Stadion yang merupakan markas klub sepakbola Zenit sejak April 2017, Stadion Saint Petersburg pernah digunakan untuk venue untuk tujuh pertandingan di Piala Dunia 2018. Tempat tersebut dirancang oleh arsitek Jepang Kisho Kurokawa, yang memiliki visi untuk sebuah pesawat luar angkasa yang telah mendarat di tepi Teluk Finlandia.
 
Stadion Krestovsky, Saint Petersburg Russia
 
Untuk UEFA EURO 2020, stadion yang memiliki kapasitas 68.134 kursi ini akan menggelar 7 match (terbanyak nomor dua setelah Wembley, Inggris) diantaranya, 6 partai untuk babak penyisihan untuk grup B dan E dan satu partai Quarter-final. 
 

4. Stadion La Cartuja, Seville - Spanyol

Stadion La Cartuja, Sevilla Spanyol
 
Seville juga dipilih sebagai tuan rumah UEFA EURO 2020 dan merupakan markas dua klub La Liga Spanyol, Sevilla dan Real Betis. Stadion yang dibangun untuk digunakan sebagai venue Kejuaraan Dunia Atletik tahun 1999, stadion yang memiliki kapasitas 58.000 kursi juga pernah menjadi venue final Piala Davis dan juga konser musik kelas dunia. Untuk UEFA EURO 2020, Stadion La Cartuja di Seville ini akan menjadi venue untuk empat match diantaranya tiga match untuk babak penyisihan di grup E dan pertandingan babak 16 besar.
 

5. Stadion Hampden Park, Glasgow - Skotlandia

Stadion Hampden Park, Glasgow - Skotlandia
 
Hampden Park adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Glasgow, Skotlandia. Stadion ini mulai dibuka tahun 1903 dengan kapasitas 52.103 kursi. Stadion ini pernah dinobatkan sebagai stadion sepak bola terbesar di dunia dari 1908 - 1950 dan merupakan markas untuk tim nasional Skotlandia dan klub amatir Queens Park. Stadion yang mampu menampung 149.415 penonton pada laga Skotlandia Vs Inggris tahun 1937. 
 
Event UEFA EURO 2020, Hampden Park akan menjadi venue untuk empat match, diantaranya tiga match di babak penyisihan grup D dan satu partai babak 16 besar. 
 

6. Stadion Parken, Copenhagen - Denmark

Stadion Parken, Copenhagen - Denmark
 
Tempat duduk lebih dari 38.000 penggemar, Stadion Parken adalah tempat sepak bola terbesar di Denmark, dan merupakan rumah bagi FC Copenhagen serta tim nasional Denmark. Stadion ini pernah menggelar final Piala Winners Eropa 1994 dan final Piala UEFA enam tahun kemudian, keduanya melibatkan Arsenal. Perhelatan UEFA EURO 2020 Juni nanti, Stadion Parken, Copenhagen Denmark akan menggelar empat match, diantaranya tiga match di babak penyisihan grup B dan satu partai untuk babak 16 besar. 
 

7. Stadion Puskás Aréna, Budapest - Hungaria

Stadion Puskás Aréna terletak di district ke-14 (Zugló), kota Budapest, Hungaria. Markas timnas Hungaria ini dibangun pada 2017 dengan kapasitas mencapai 67.215 kursi. Stadion ini dibangun tepat di lokasi Stadion Ferenc Puskás yang namanya menggunakan mantan kapten timnas Hongaria, Ferenc Puskás. Stadion ini menjadi saksi kekalahan telak yang dialami Inggris dari Hungaria dengan skor 7-1 pada Mei 1954. 
 
Stadion Puskás Aréna, Budapest Hungaria
 
Pada UEFA EURO 2020 kali ini, Stadion Puskás Aréna dipilih untuk menggelar empat match, diantaranya tiga match di babak penyisihan grup F yang menjadi “Grup Neraka” dan satu partai di babak 16 besar.
 

8. Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam - Belanda

 
Stadion Johan Cruyff ArenA merupakan stadion yang pertama kali di benua Eropa yang menggunakan atap geser ketika diresmikan pada tahun 1996. Stadion yang sebelumnya bernama Amsterdam ArenA ini diganti menjadi Johan Cruijff ArenA pada 2018 di mana ini untuk menghormati mantan pemain sekaligus pelatih Ajax Amsterdam yang meninggal dunia pada Maret 2016 silam. 
 
Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam Belanda
 
Pada perhelatan turnamen sepak bola terbesar di Eropa dan Dunia, UEFA EURO 2020 Stadion yang memiliki kapasitas 54 ribu kursi ini akan dijadikan sebagai venue untuk tiga pertandingan babak penyisihan grup C dan satu match babak 16 besar. 
 

9. Stadion Allianz Arena, Munich - Jerman

Stadion Allianz Arena, Munich Jerman
 
Allianz Arena yang merupakan markas klub Bundesliga Jerman, Bayern München, dipilih UEFA menjadi salah satu tuan rumah dan stadion UEFA EURO 2020. Stadion yang selesai dibangun pada April 2005 juga pernah jadi saksi partai pembukaan Piala Dunia FIFA 2006.  Allianz Arena dengan kapasitas mencapai 70 ribu penonton akan menggelar tiga match babak penyisihan grup F dan laga babak Quarter final. 
 

10. Stadion National Arena, Bucharest - Rumania

 
Stadion yang merupakan markas dari timnas Rumania yakni Steaua București dan Dinamo București juga akan menjadi salah satu tuan rumah dan stadion untuk UEFA EURO 2020, Juni - Juli 2021 mendatang. 
 
Stadion-National-Arena,-Bucharest-Rumania
 
Laga paling besar yang pernah diadakan di stadion ini adalah final Liga Eropa UEFA 2012 antara Atletico Madrid Vs Athletic Club Bilbao yang berakhir dengan kemenangan Atletico Madrid (3-0). Stadion yang berkapasitas 55.600 kursi ini akan menggelar empat pertandingan, diantaranya tiga babak penyisihan grup C dan satu pertandingan babak 16 besar.
 

11. Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan

Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan
Gambar: Dok. Bola Okezone
 
Stadion yang merupakan markas dari timnas Azerbaijan ini menjadi tuan rumah dan stadion untuk perhelatan UEFA EURO 2020. Perhelatan sepak bola yang pernah diadakan di stadion ini adalah Final Liga Eropa UEFA 2019 yang mempertemukan Chelsea Vs Arsenal.  Stadion ini bukan hanya untuk digunakan untuk keperluan sepak bola, namun bisa digunakan sebagai stadion untuk cabang olahraga atletik. Salah satu even atletik yang pernah menggunakan stadion ini adalah Pesta Olahraga Eropa. 
 
Stadion serbaguna yang dirancang oleh Heerim dan ROSSETTI ini memiliki kapasitas hampir 70 ribu kursi akan menggelar empat pertandingan UEFA EURO 2020 diantaranya tiga pertandingan di babak penyisihan grup A dan satu laga Quarter final.
 
Itulah ke-11 stadion UEFA EURO 2020 yang akan menjadi venue pertandingan 24 negara peserta turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa dan Dunia pada 11 Juni - 11 Juli 2021 mendatang. Keseluruhan pertandingan (51 match) UEFA EURO 2020 akan disiarkan LIVE di Soccer channel dan MNC Sport (channel No. 110) di MNC Vision. MNC Vision Networks (MVN) yang menaungi MNC Vision di dalamnya merupakan Official Broadcaster untuk UEFA EURO 2020 di Indonesia. 
 
Promo Berlangganan Tempatnya Gila Bola EURO 2020
 
Tentu Keluarga Vision yang hobi sepak bola tentu tidak ingin ketinggalan pertandingan-pertandingan di UEFA EURO 2020 bukan? Nah, buruan untuk berlangganan MNC Vision “Pay TV Keluarga Indonesia dan add on paket Soccer Pack sekarang juga! Tenang, MNC Vision memberikan promo “Early Bird” untuk kamu berlangganan Paket Soccer untuk kamu bisa menyaksikan 51 match UEFA EURO 2020 dan AFC hingga 6 bulan hanya dengan Rp 130 Ribuan saja! Ada BONUS tayangan senilai 2 JUTAAN! 
 
Tertarik? Kunjungi halaman Tempatnya Gila Bola di Website MNC Vision untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar promo dan berita olahraga terbaru seputar UEFA  EURO 2020.
 
 CTA Vision New Sales Soccer Pack