11 Nama Kota Tuan Rumah UEFA EURO 2020

SPORTS
  • 1824
  • Kamis 20 Mei 2021 17:32
11 nama kota tuan rumah UEFA EURO 2020 resmi diumumkan pada situs resmi uefa.com yang merupakan pihak penyelenggara turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa. 11 kota tuan rumah ini tersebar di berbagai negara di benua Eropa yang sekaligus menjadi bagian dari 24 negara peserta UEFA EURO 2020, 11 Juni hingga 11 Juli 2021. 
 
UEFA EURO 2020 sebagai turnamen sepak bola yang akan memperebutkan trofi bergengsi ini memiliki format berbeda, di mana penyelenggaraannya tidak dipusatkan di satu kota atau negara tuan rumah melainkan beberapa negara. 
 

Daftar Kota Tuan Rumah UEFA EURO 2020 

 
UEFA EURO 2020 kali ini diperingati sebagai ulang tahun ke-60 sejak kompetisi Piala Eropa yang diadakan pertama kali pada tahun 1960. Selain identik dengan stadion-stadion sepak bolanya, ke-11 kota tuan rumah UEFA EURO 2020 juga memiliki ikon dan destinasi wisata populer! Apa saja itu, simak penjelasannya berikut ini! 
 
 

Amsterdam - Belanda 

 
Ibukota Belanda, Amsterdam juga disebut sebagai kota bersepeda dunia. Transportasi di kota ini mencapai 60% dimana warga lebih banyak menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Bahkan jumlah sepeda jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk kota ini. 
 
Kota Amsterdam, Belanda
 
Amsterdam juga merupakan surga untuk para turis yang jumlahnya mencapai 17 juta setiap tahunnya. Jika kamu berkunjung, pastikan untuk mengunjungi Rijksmuseum yang banyak disebut sebagai permata. Kota ini juga dikenal dengan banyaknya jumlah kanal/sungai kecil yang diatasnya ada lebih dari 1500 jembatan. Untuk kehidupan malam di Amsterdam, ada Leidseplein di mana banyak bar dan restoran yang selalu ramai oleh pengunjung.
 

Baku - Azerbaijan

 
Kota Tua Icheri Sheher, Baku Azerbaijan
 
Kota Baku merupakan ibukota dari negara Azerbaijan yang memiliki dataran terendah di dunia atau 28m di bawah permukaan laut yang membuat hembusan angin terasa kencang. Jadi, tidak salah jika Baku disebut sebagai “Kota Angin”. Dua destinasi populer kota ini Old City (Icheri Sheher) dan Flame Towers, yang juga menjadi simbol negara Azerbaijan. Kota tua ini merupakan salah satu Warisan Dunia UNESCO yang memiliki bangunan Maiden Tower dan Shirvanshah Palace yang berdiri megah.
 

Bucharest - Rumania

Palace of Parliament di Kota Bucharest, Rumania
 
Ibukota Rumania, kota yang menjadi tempat dan pusat dari industri, budaya dan finansial. Arsitektur kota Bucharest juga dikenal sebagai ‘Paris Kecil di Timur’ (Micul Paris). Salah satu bangunan yang identik dengan kota Bucharest adalah Istana Parlemen (Palatul Parlamentului) yang memiliki arsitektur megah yang dibangun pada tahun 1980-an pada masa pemerintahan Nicolae Ceauşescu.
 

Budapest - Hungaria

Castle Hill di Budapest,Hungaria
 
Dilansir dari Wikipedia, Budapest adalah ibukota dan kota terbesar di Hongaria dan kota terbesar ke-10 di Uni Eropa. Dibentuk dengan penggabungan Budha dan Obuda, di tepi barat sungai Danube. Sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, Castle Hill dengan luas 1 km menyajikan seni serta sejarah di dalam Buda Castle yang megah menjadi destinasi wisata favorit. Selain itu, Selain itu ada Fisherman's Bastion, Matthias Church, Gellert Hill City Park, Heroes' Square bisa jadi pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi.  
 

Copenhagen - Denmark

 
Sama seperti Amstedam, Copenhagen juga identik dengan sepeda. Selain itu kota di Denmark ini dianggap salah satu kota paling bahagia di dunia, tertarik tinggal di sini? Jembatan Oresund akan menghubungkan Copenhagen dengan Malmo, kota di Swedia. 
 
Rivoli Gardens di Copenhagen, Denmark
 
Ibukota Denmark terkenal dengan tanam hiburannya yaitu Rivoli Gardens. Taman yang menjadi favorit Hans Christian Andersen didirikan pada tahun 1843 akan terlihat menawan pada malam hari ini akan memperlihatkan berbagai bangunan dengan arsitektur eksotis, bangunan bersejarah, taman yang rimbun, dan wahana yang membuat kamu akan bernostalgia. 
 

Glasgow - Skotlandia

 
Taman Victoria di Glasgow, Skotlandia
 
Selain menjadi kota terbesar di Skotlandia, Glasgow juga termasuk kota terbesar nomor tiga di Inggris. Bangunan megah dan mewah yang ada di pusat George Square menjadi alasan kenapa kota ini dipilih menjadi kota nomor dua untuk Kerajaan Inggris. Kota ini juga memiliki destinasi wisata Taman Kelvingrove Victoria di Barat kota yang akan menawarkan pemandangan indah dan menentramkan. 
 

London - Inggris

Westminster Abbey di London, Inggris
 
London menjadi kota favorit para wisatawan di hampir seluruh dunia, bahkan tercatat ada 312 juta lebih wisatawan yang pernah datang dan menikmati keindahan ibukota Inggris ini. Kota yang juga menjadi kediaman Ratu Inggris ini pernah menjadi tuan rumah Oimpiade dunia sebanyak tiga kali, 1908, 1948, dan 2012.
 
Selain itu, London banyak memiliki ikon yang unik. Mulai dari Westminster Abbey, St Paul's Cathedral, Tower Of London, Buckingham Palace, British Museum, National Gallery, Trafalgar Square yang sayang jika tidak dikunjungi ketika travelling di sini!
 

Munich - Jerman 

Taman Inggris di Munich, Jerman
 
Munich jadi rumah bagi orkestra dan museum terkenal di dunia. Munich memiliki destinasi wisata, yaitu Munich’s Englischer Garten (Taman Inggris) sebuah taman yang membentang ke utara yang berada di belakang Universitas Munich dengan luas 990 meter persegi. Taman ini memiliki ukuran lebih besar dari Central Park di New York. Selain itu ada Olympiapark yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 1972. Bahkan kini ada stadion, Allianz Arena yang merupakan markas dari klub Bayern Munchen juga menjadi ikon kota ini.
 
 

Roma - Italia

Colosseum di Roma, Italia
 
Dikenal sebagai Kota Abadi, Roma juga menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan hampir seluruh dunia karena memiliki banyak destinasi wisata bersejarah dan spot foto instagramable, seperti Sistine Chapel, Trevi Fountain, Castel Sant'Angelo, Foro Romano, dan the Colosseum. Roma juga dikenal sebagai Kota Abadi.  Roma adalah kota yang berisi harta karun dari karya seni dan kemegahan arsitektur setiap bangunan, termasuk Auditorium Parco della Musica Modern.
 

Saint Petersburg - Russia 

 
Kota ini dijuluki sebagai kota terpadat di Rusia setelah Moscow. Banyak wisatawan yang menyamakan kota Saint Petersburg dengan kota Venesia di Italia karena ada kesamaan, di mana banyak terdapat kanal/sungai dan jembatan yang elegan. Selain itu ada “Malam Putih” di mana kamu akan melihat pertama kalinya matahari tidak terbenam sempurna. 
 
Winter Palace di Saint Petersburg, Russia
 
Ada juga destinasi wisata lainnya di Saint Petersburg, yaitu Museum State Hermitage. Musim yang didirikan tahun tahun 1764 oleh Catherine yang Agung ini menampung lebih dari 3 juta karya seni dan artefak budaya yang akan membuat kamu terpesona. Seluruh karya seni tersebut dipajang di 360 kamar. Museum ini memiliki lima bangunan, dan yang paling terkenal adalah Winter Palace yang megah dan indah.
 

Sevilla - Spanyol 

Seville Cathedral and Giralda Tower Spanyol
 
Ibukota Andalusia, Seville merupakan kota keempat terbesar yang ada di Spanyol. Nama Seville ini sebelumnya memiliki nama yang berbeda. Kota ini pernah disebut “Hisbal” oleh orang-orang Fenisia, atau “Hispalis” oleh orang kebangsaan Romawi. Seville juga kota yang terkenal dengan Menara Giralda dan Istana Alcazar. Kota ini juga merupakan markas bagi dua klub sepak bola La Liga Spanyol, yakni Sevilla dan Real Betis.
 
Demikian daftar 11 kota tuan rumah UEFA EURO 2020 yang akan menjadi saksi 24 timnas negara peserta di turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa. Selain memiliki sejarah dalam sepak bola, ke-11 kota diatas memilih destinasi wisata favorit sekaligus icon kota tersebut.  
 
 
Ingin menyaksikan kemegahan stadion dan kota tuan rumah UEFA EURO 2020? Keluarga Vision bisa menonton tayangan UEFA EURO 2020 dan AFC Cup EKSKLUSIF seluruh pertandingan dengan berlangganan Paket Soccer di MNC Vision, Pay TV Keluarga Indonesia. Ada Promo Early Bird dengan harga terjangkau dengan BONUS RATUSAN CHANNEL senilai 2 Jutaan!
 
CTA Vision New Sales Soccer Pack
 
Jadi, tunggu apa lagi! Sambut EUROforia Pesta Bola Dunia 4 Tahunan! Jadilah saksi liga dunia paling seru dan dukung tim favorit kamu merebut kejayaan di lapangan hijau!