Triathlon, Olahraga Bersepeda, Berenang dan Lari Dalam Satu Kesatuan Waktu

SPORTS
  • 2584
  • Rabu 18 Januari 2023 16:48
Triathlon, Olahraga Bersepeda, Berenang dan Lari Dalam Satu Kesatuan Waktu

Halo Keluarga Vision! Salah satu olahraga yang menarik untuk kita bahas kali ini adalah Triathlon. Apa itu Thriathlon? Tenaaangg, semua akan dibahas dalam artikel ini,lho!  Yuk simak di bawah ini ya.

Triathlon adalah salah satu kompetisi yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Trilomba adalah kompetisi yang mementingkan kecepatan waktu, peserta sebisa mungkin harus membagi tenaga dalam setiap tahapnya.

Kata Triathlon berasal dari bahasa Yunani yaitu treis yang memiliki arti tiga dan athlos yang memiliki arti kompetisi. Trilomba merupakan olahraga elite yang sangat digemari di Amerika, Kanada, Australia dan Eropa. Kini olahraga tersebut sedang dikembangkan di berbagai negara Asia dan Afrika. Trilomba melibatkan tiga olahraga berbeda yang mesti dituntaskan secara berurutan. Bagaimana tidak seseorang harus membutuhkan banyak stamina untuk mengikuti lomba ini.

Sejarah

Pada mulanya olahraga ini diciptakan oleh Scott Tinley yang berasal dari Negara Prancis pada tahun 1920-an. Kemudian populer kembali pada tahun 1970-an dengan penambahan aturan yang lebih spesifik lagi.

Barulah di Pelabuhan Mission San Diego pada 1974 perlombaan Triatlon resmi dipertandingkan.  Pada tahun 1920, surat kabar L’Auto Prancis melaporkan bahwa ada kompetisi yang disebut Les Trois. Olahraga ini terdiri dari lari 3 km, sepeda 12 km dan berenang. Ketiga bagian itu dilakukan tanpa istirahat apapun. Pada tahun 1921 di Marseilles diselenggarakan acara serupa dengan urutan perlombaan dimulai dengan sepeda, lari dan renang.

Baca juga: India Open 2023 : Wakil Indonesia Yang Tersisa Di Perempat Final

Olahraga trilomba mulai dirintis di Indonesia sejak tahun 1995. Mark Sungkar adalah salah satu pendiri Federasi Trilomba Indonesia. Pada tahun 2006, dia bersama Syahrial Oesman, Gubernur Sumatera Selatan saat itu mendeklarasikan Federasi Trilomba Indonesia. Mark Sungkar sempat menjabat sebagai Presiden Trilomba Indonesia dan sedang menulis buku mengenai sejarah trilomba di Indonesia.

Triathlon mempunyai format berbeda – beda jaraknya tergantung event yang diadakan. Pada umumnya setara olimpiade jaraknya adalah Renang 1.500 meter, sepeda 40 km, lari 10 km. Tempat yang biasa di lakukan untuk triathlon adalah sungai, laut, danau, rute balap sepeda seperti jalan raya ataupun offroad bisa dipakai, untuk lari bisa menggunakan jalan raya.

Banyak kompetisi dunia yang di gelar oleh olahraga ini yaitu World Triathlon Series, World Triathlon Cup, World Triathlon Long Distance Championships, World Triathlon Mixed Relay Championships. Triathlon adalah olahraga yang sekarang cukup populer di mancanegara.

Mau tau keseruan pertandingan olahraga ini? Kalian bisa lho menyaksikannya di channel SPOTV. Yuk berlangganan sekarang juga! Segera aktifkan Paket SPOTV mulai dari Rp 39.000/30 hari. Berlangganan bisa klik disini.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang!

WhatsApp Interaktif 24 Jam: wa.me/628991500686

(021) 21 500 900

bit.ly/langgananMNCVISION

MNC Vision Pay TV Keluarga Indonesia!